1. Startup

Yahoo Messenger One, Indonesia Yang Pertama

Pada ajang CommunicAsia 2010, Yahoo! mengumumkan aplikasi Yahoo! Messenger One yang ditawarkan sebagai "solusi komunikasi Anda di satu tempat."

Sesuai dengan slogannya tersebut, Yahoo! menyediakan aplikasi ini untuk pusat komunikasi dengan semua contact di address book kita, baik untuk email, chatting, SMS.

Pemilihan Indonesia sebagai wilayah pertama peluncuran aplikasi ini mungkin tidak terlalu mengejutkan, ditambah lagi dengan pemilihan handsetnya yaitu seri Blackberry 9000, 9700, 8900, dan 9630. Kombinasi dua hal tersebut seperti memperkuat dugaan kalau aplikasi ini dikembangkan dengan target pasar Indonesia dan Asia Tenggara, dan kalau sukses baru nanti dilebarkan ke wilayah lain.

Sayangnya walau aplikasi ini dijanjikan tersedia untuk Blackberry 8900, tapi saat gue coba akses ke http://m.yahoo.com/one dengan handset tersebut, pesan yang muncul adalah "Sorry your phone does not support the Y! Messenger One beta App." Jadi untuk hands-on experiencenya, terpaksa untuk saat ini belum bisa kita sampaikan.

Brand "One" sendiri memang bukan barang baru dari Yahoo! Di tahun 2008 mereka pernah meluncurkan Yahoo! OneConnect, yang kini diasimilasikan dalam situs mobile mereka http://m.yahoo.com.

Kemudian juga ada OneSearch yang diunggulkan sebagai mesin pencari versi mobile mereka, yang kini juga sudah tidak menggunakan nama itu lagi. Petualangan lain dari Yahoo! di dunia mobile adalah Yahoo!Go yang dulu diposisikan sebagai portal di mobile device, namun akhirnya juga dimasukkan ke situs mobile mereka seiring dengan semakin berkembangnya teknologi mobile web.

Apakah aplikasi ini akan mengubah peruntungan Yahoo! di dunia aplikasi mobile? Kalau melihat titik tolaknya sepertinya sudah benar, yaitu chatting khususnya Y!M untuk pasar Indonesia. Pertanyaan berikutnya, apakah elo akan menggunakannya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again