StartupBerita

Yahoo! Post Indonesia Resmi Diperkenalkan

Setelah kami informasikan kemunculannya sejak pertengahan bulan Agustus lalu, akhirnya Yahoo! Post Indonesia resmi diluncurkan dalam acara untuk media dan blogger di fX Senayan. Yahoo! Post Indonesia merupakan Yahoo! Post yang ketiga setelah di Hong Kong dan di Korea. Di Kedua negara tersebut, Yahoo! Post lebih dikenal sebagai KPost dan telah berjalan sejak tahun 2010. Yahoo! Post mencoba menggabungkan dua area yang sangat populer di Internet sekarang ini, sosial dan pencarian (social and search).

Yahoo! Post ini sesungguhnya sangat simpel dan mudah digunakan. Anda tinggal memasukkan kata kunci (keyword) tertentu dan Anda bisa langsung ngobrol dengan pengguna Yahoo! Post lainnya dalam bentuk percakapan serupa forum. Bedanya, tidak perlu ada lagi post-post yang sekedar untuk menaikkan thread-nya supaya berada di atas karena setiap topik pasti akan keluar di hasil pencari jika kata kuncinya bersesuaian. Ditawarkan hadiah iPad 2 dan iPod touch kepada pengguna Yahoo! Post di awal peluncuran ini dengan syarat dan ketentuan tertentu

Saat berkunjung ke dalamnya, terlihat bahwa aktivitas yang dibangun untuk berbagai topik Yahoo! Post terlihat dinamis. Contohnya adalah bahasan tentang permainan Facebook The Sims Social yang sedang ngetop. Setiap pengguna dapat berbagai ataupun bertanya tentang topik yang dimaksud. Sampai tulisan ini ditulis, untuk kata kunci ini saja sudah ada 163 topik bahasan. Silakan menjelajah sedikit ke topik-topik yang lain dan bisa dipastikan target pasarnya adalah anak muda berusia 15-25 tahun.

Di Yahoo! Post sendiri ada 3 kategori pengguna, kontributor, voter, dan moderator. Setiap orang yang menggunakan Yahoo! ID-nya untuk berdiskusi di sini langsung dikategorikan sebagai kontributor. Setelah sekian posting ataupun sekian vote -- yang menandakan keaktifannya -- kontributor dapat naik pangkat menjadi voter. Nah voter yang memang berdedikasi dapat mencalonkan diri menjadi moderator untuk suatu kata kunci/kanal. Yang terpilih adalah pemenang berdasarkan pemilihan suara secara demokratis.

Aryo Kresnadi, Regional Product Marketing Manager Yahoo! SEA, menjadi narasumber utama untuk peluncuran produk ini. Buat saya ini indikasi kuat bahwa Indonesia bakal jadi pilot project untuk Yahoo! Post dan jika sukses (kemungkinan besar) bakal diimplementasikan pula ke negara-negara lain yang termasuk dalam coverage Yahoo! SEA. Sementara ini saya mengidentifikasi bahwa pesaing produk ini (langsung maupun tidak langsung) adalah Kaskus dan Mindtalk.

Nah, bagaimana supaya Yahoo! Post Indonesia bakal bertahan dan mendapat tempat di hati pengguna di Indonesia? Saya berbicara dengan sejumlah orang dan nampaknya semua sepakat bahwa ketersediaan versi mobile lah yang menjadi kuncinya. Kita tahu bahwa segmen usia sasaran penggunanya memang paling banyak mengakses Internet menggunakan ponsel. Tidak harus berupa aplikasi, versi mobile web-nya saya kira sudah cukup agar bisa diakses dari manapun.

Hal ini juga disadari oleh Aryo yang mengatakan bahwa versi mobile-nya akan hadir dalam waktu dekat. Memang Yahoo! Post di Hong Kong dan Korea berbasis desktop karena kebanyakan penggunanya mengakses situs ini menggunakan komputer. Oleh karena itu ketika dibawa ke sini yang siap baru versi desktop-nya. Di sini Internet behavior-nya memang berbeda dan ketersediaan versi mobile untuk situs yang mengusung konsep sosial menjadi sebuah keharusan.

Semoga rilis versi mobile web-nya tidak akan berlarut-larut seperti polemik rilis API saudaranya, Yahoo! Koprol, supaya produk ini tetap kompetitif. Apakah produk Yahoo! Post ini merupakan media yang tepat untuk Anda berbagi dan berdiskusi tentang berbagai macam hal? Silakan diskusikan pendapat Anda di kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again