Minggu ini diawali dengan sebuah berita yang kurang menyenangkan dari Yahoo. Perusahaan yang baru 1 bulan lebih dipimpin Carol Bartz ini memutuskan untuk menutup layanan bookmarking MyWeb miliknya. MyWeb, sebuah layanan yang mengijinkan anda untuk mem-bookmark link url ini dinilai telah melangkahi layanan Yahoo lainnya yaitu Yahoo Bookmarks, dan Delicious.

Layanan ini akan ditutup pada 18 Maret 2009 mendatang dan masih belum jelas benar apakan pengguna di Yahoo MyWeb ini akan dialihkan ke Yahoo Bookmarks atau Delicious. Kalau dipikir-pikir, pengguna Yahoo MyWeb sendiri nampaknya tidak terlalu banyak seharusnya transisi ini tidak akan menghadapi banyak kesulitan.

Yahoo MyWeb yang diluncurkan tahun 2005 ini bertujuan membantu pengguna untuk menemukan link baru dan berbagi kembali dengan rekan-rekan mereka dan sampai saat ini Yahoo MyWeb akan ditutup dengan menyandang status beta. Sepertinya memang Yahoo tidak berniat mengembangkan Yahoo MyWeb dan memutuskan untuk mengembangkan Yahoo Bookmarks dan juga mengakuisisi Delicious, bahkan sampai memboyong founder Delicious ke Yahoo.

Redundant? Mungkin. Seperti kasus Gramedia-Kompas yang memiliki GramediaOnline, GramediaShop, dan GramediaBooks yang kesemuanya membawa konsep toko buku online dan berjalan secara bersamaan. Yang pasti end-user seperti saya ini justru malah bingung mau pilih yang mana, yang mana yang beres?

Dengan begitu banyak brand yang kesemuanya berjalan secara bersamaan apakah mampu Yahoo (dan Gramedia) mampu membangun brand mereka?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again