1. Startup

Yang Harus Dimiliki Startup: Blog dan Alamat Email 'Yang Menjawab'

Ada banyak yang bisa ditawarkan dari sebuah startup, bisa fitur, bisa layanan, bisa gabungan keduanya. Tampilan, layout serta desain situs juga berperan penting bagi startup, eksekusi dari sebuah ide juga bagian penting, bahkan mungkin paling penting dari sebuah startup.

Namun bagi saya, ada dua bagian penting lain yang harus dimiliki atau disediakan oleh para startup, yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan fitur atau layanan yang ditawarkan oleh para startup, dua bagian penting itu adalah blog serta alamat kontak, bisa email atau nomor telepon yang menjawab ketika dihubungi.

Tulisan ini dibuat berdasarkan dari pengalaman saya melakukan kontak dengan para startup, dalam rentang waktu hampir setahun kebelakang. Pertumbuhan startup bagi saya cukup menggembirakan dan memang membuat nuansa optimis yang kental, semangat para startup ini yang, rata-rata melakukan bootstrapping punya semangat yang luar biasa, ini juga membuktikan bahwa Indonesia, bukan hanya kaya akan konsumen tetapi juga kaya akan produsen.

Blog adalah sumber segala berita dan kabar dari layanan serta perkembangan terbaru dari startup itu sendiri, ada beberapa startup yang meski sudah berjalan cukup lama tetapi blog resmi mereka tidak diperbaharui secara rutin. Menurut saya, blog untuk sebuah startup secara dasar sama fungsinya dengan blog pribadi atau personal, blog tersebut harus di perbaharui secara rutin, berkala dan juga harus 'dipelihara' secara kontinyu.

Tulisan yang bisa diterbitkan bisa berupa pembaruan fitur atau berbagai kabar yang berkaitan dengan startup tersebut. Blog adalah sarana untuk berbicara pada konsumen serta pengguna, blog juga bisa dianalogikan sebagai teman dari para pengguna startup, sehingga lewat blog percakapan serta keterikatan antara produsen dan konsumen bisa terus ditingkatkan.

Blog dari sebuah startup juga sangat penting bagi jurnalis, media, blogger, serta penulis lain yang ingin mendapatkan berbagai berita dan kabar, baik itu yang terbaru atau yang lama. Blog jadi semacam gudang yang mencatat semua perkembangan yang terjadi pada startup tersebut, ada kalanya juga blog merekam perkembangan teknis, misalnya perkembangan coding dari tahap alpha ke beta atau perubahan fitur.

Namun yang perlu perhatikan juga adalah, kalimat atau penyampaian yang dilakukan, saran saya jangan terlalu teknis, tetapi jangan juga terlalu 'kosong', artinya informasi yang disediakan sebaiknya disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami namun tetap memberikan informasi yang relevan.

Satu lagi layanan yang, bagi saya mesti dimiliki oleh para startup adalah alamat email atau contact person yang benar-benar menjawab. Ada kalanya dalam melakukan proses kontak dengan para startup, saya ditemukan pada alamat kontak 'tembok' yang tidak menjawab, atau malah membalas dengan 'sistem robot'. Atau saya malah harus mencari nama kontak di Twitter atau jejaring sosial lainnya, dan memulai percakapan disana, bukan dari situs mereka sendiri.

Well, startup adalah usaha rintisan yang berarti adalah usaha baru yang membutuhkan banyak teman, baik itu konsumen atau pihak lain yang ingin tahu tentang aplikasi atau layanan dari para startup tersebut. Nomor, email atau alamat kontak yang sering ada di situs adalah pintu dalam membangun relasi dengan dunia luar, ada baiknya alamat kontak ini menjawab dengan cepat serta dilakukan secara langsung oleh manusia, bisa founder bisa juga karyawan.

Sebagai usaha rintisan memang adakalanya tenaga untuk menjawab kontak ini sangat terbatas, tetapi ini juga bukan menjadi alasan untuk tidak membalas atau lambat dalam melakukan balasan kontak, masih ingat dengan jargon 'kesan pertama begitu menggoda', nah, kesan pertama untuk startup adalah salah satu hal terpenting yang kadang, sama pentingnya dengan aplikasi atau fitur yang disediakan startup itu sendiri.

Dua hal diatas memang mungkin hal mendasar yang bisa juga dianggap sepele, namun bagi saya, yang kebetulan sering melakukan review atas para startup, dua hal ini, merupakan elemen penting dan masih kurang dimiliki oleh para startup. Apalagi kini liputan media atas startup mulai bertambah, dimana lagi mereka bisa menemukan informasi atas layanan para startup selain di situs dan juga di blog, dan kemana mereka harus mencari informasi tambahan serta melakukan kontak selain pada alamat yang tertera pada situs para startup ini.

Bagikan berbagai cerita di blog resmi startup Anda, dan jawablah dengan secepat mungkin jika ada yang mengirimkan pesan atau usulan atau pertanyaan dari alamat kontak di situs Anda.

Ok, itu pendapat saya tentang dua fasilitas yang harus dimiliki oleh para startup selain fitur dan layanan utama, Anda punya pendapat lain atau komentar? Mari kita diskusikan pada kolom komentar.

Sumber gambar dari tautan berikut: gambar blog 1, gambar blog 2, gambar email.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again