Categories

Mobile

Pengguna YouTube Music Kini Bisa Memilih Kualitas Suara yang Diinginkan

Pembaruan ini tersedia untuk platform Android dan juga iOS

Bambang Winarso - 24 September 2018

Bagi yang sangat menyukai musik, YouTube Music tentu jadi aplikasi yang tak akan dilewatkan di sela-sela aktivitas harian. Tapi, sejak pertama kali digulirkan tiga tahun lalu, layanan milik Google ini punya satu kekurangan yang dirasa sangat diperlukan, yaitu kontrol kualitas suara. Beruntung, keinginan itu terwujud hari ini, karena YouTube baru saja menggulirkan fitur pemilihan kualitas suara untuk pengguna perangkat Android dan juga iOS.

 

Panel pengaturan baru ini disematkan di dalam menu Settings dan Download, di mana penggunanya dapat mengatur sendiri kualitas suara yang ingin didengar, apakah rendah, normal, tinggi dan selalu tinggi. Tetapi tentu masing-masing pilihan punya konsekuensi sendiri-sendiri, di mana pengaturan Tinggi akan membakar lebih banyak data ketimbang pengaturan rendah.

 

Dari sisi bit rate, berikut adalah rincian untuk masing-masing level yang ditawarkan.

  • Low - Bitrate: 48kbps AAC
  • Normal - Bitrate: 128kbps AAC
  • High - Bitrate: 256kbps AAC

Bagi orang awam, bit rate yang ditawarkan oleh level kualitas tinggi atau high memang lebih baik ketimbang 128kbps AAC. Tetapi bagi penyuka musik, rate ini masih sedikit di bawah standar, sebab bit rate paling ideal untuk konten musik setidakya di 360kbps.

Pilihan kualitas video dapat diterapkan untuk dua hal, diterapkan untuk semua jenis audio yang ingin didengarkan secara online dan juga diterapkan untuk mereka yang ingin mengunduh musik dan mendengarkannya secara offline. Pembaruan ini juga memungkinkan pengguna hanya mendengarkan suaranya saja apabila pengguna tidak terlalu tertarik dengan konten videonya.

Sumber berita 9to5google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter