1. Startup

YouTube URL Shortener Menggoyang Bit.ly

Kemunculan fb.me, goo.gl dan dan Bit.ly pro memberikan sebuah tanda baru tentang bagaimana perjalanan kondisi real-time war dan langkah selanjutnya dari internet. Setelah semua orang menjadi lebih social, kini yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat short URL buatan sendiri. :)

YouTube, kini mengikuti jejak 'ayah angkatnya' Google dengan membuat shorten URL sendiri. Lewat blog resminya YouTube resmi mengumumkan shortener URL mereka dengan alamat youtu.be. Aplikasi ini masih sebatas hanya untuk video-video dari YouTube.

Mengingat real-time content bisa diibaratkan rimba hutan yang terkadang membuat kita me-retweet link-link yang sebenarnya tidak kita inginkan, dan spam juga sempat masuk lewat link-link yang telah dipendekkan dan nampak aman, tapi mengandung virus atau konten yang tidak kita inginkan, dengan YouTube shortener URL, anda bisa menghindari itu semua. Ketika anda melihat link youtu.be, maka anda diyakinkan bahwa link video yang anda klik berasal dari YouTube. Selain itu URL dari YouTube ini memudahkan developers untuk melihat bagaimana video itu tersebar secara real-time, karena URL shortener dari YouTube ini sudah termasuk YouTube ID dari video yang bersangkutan.

Aplikasi ini bisa digunakan melalui aplikasi autoshare, seperti yang pernah DailySocial tulis kemarin. Anda bisa mengatur social network mana yang akan anda gunakan untuk men-share video anda, tapi anda juga bisa melakukan pemendekkan URL ini secara manual dengan mengikuti instruksi ini:

Anda cukup mengganti URL dengan Shortener URl dari YouTube, contoh (diambil dari blog YouTube):

misalnya ada link seperti ini: http://www.youtube.com/watch?v=FdeioVndUhs

ganti URL utama: "http://www.youtube.com/watch?v="

dengan:  "http://youtu.be/"

sehingga nantinya URL akan menjadi: http://youtu.be/FdeioVndUhs

Saya telah mencobanya dan it's works, meski jika anda melakukannya secara manual anda harus jeli dalam mengganti URL asli.

Apakah ini strategi Google dan 'anak-anaknya' untuk mengambil market share dari Bit.ly? Yang pasti aplikasi ini memang akan sangat berguna bagi YouTube untuk lebih mempopulerkan lagi fungsi autoshare dan memasukkan brand mereka ke social network lain seperti Facebook dan Twitter. Meski link yang dihasilkan masih agak panjang, lebih panjang dari Bit.ly, tapi dengan adanya aplikasi ini, bisa jadi Bit.ly akan kehilangan link video dari YouTube.

Bagaimana menurut anda, apakah perkembangan ini memungkinkan dominasi Bit.ly di segmen link video akan tergoyahkan oleh YouTube? Share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again