1. Lifestyle

Yuk, Nonton Demo Anki Drive, Game Balapan yang Diperkenalkan di WWDC 2013

Pada acara WWDC 2013, yang merupakan acara yang digelar Apple untuk para developer, selain pengumuman produk Apple terbaru serta sistem operasi iOS 7, ada satu demo yang menarik dan menyita perhatian penonton.

Permainan itu adalah Anki Drive, sebuah permainan balapan dengan menggunakan perangkat iOS untuk mengendalikan mobil mainan yang dilengkapi bluetooth. Namun demikian. Anki Drive bukan sekedar permainan, seperti yang disebutkan oleh CEO Apple, Tim Cook, adalah sebuah produk yang menggunakan perangkat dan platform iOS untuk membaca AI (Artificial Intelligence) dan robotics dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang dikutip dari Engadget, ada tiga bagian yang mendasari produk ini, ‘mat’ atau lintasan balap yang dilengkapi informasi posisi jalur pada permukaannya yang bisa dideteksi oleh optik yang terdapat di mobil balap. Yang kedua adalah mobil balap itu sendiri yang dilengkapi dua motor, masing-masing untuk satu roda depan, kamera kecil yang mengarah ke bawah, radio Bluetooth 4.0 LE, 50MHz microprocessor, tombol power, LED dan baterai yang bisa diganti. Bagian yang ketiga adalah aplikasi Anki Drive yang tersedia di iOS (iPhone dan iPod touch) yang berguna sebagai AI dari mobil atau kontroler jika ingin mengendalikan secara manual.

Secara sederhana, mobil balap mungil ini akan membaca posisi dari jalur balap yang ada di lintasan dengan menggunakan kamera. Mobil ini melaporkan posisinya dan kecepatannya ke aplikasi Anki Drive lewat Bluetooh. AI yang ada akan menyetir mobil sesuai dengan peraturan permainan atau perintah dari pemain.

Anki Drive diperkirakan akan tersedia seharga $200 pada waktu liburan tahun ini di AS (belum diketahui berapa mobil yang akan disediakan untuk paket ini dan ketersediaan global), sedangkan aplikasinya telah ada di App Store meski hanya berisi tentang perkembangan pengembangan sampai nanti produk lengkap tersedia.

Berikut demo video yang diambil dari Bloomberg. Anda bisa membaca penjelasan dari wawancara dengan Boris Sofman CEO and co-founder Anki di Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again