ZDNet Rilis Survei Gaji Profesional TI di Indonesia

Fresh graduate TI yang mempunyai keterampilan pada bidang server dan jaringan, mendapatkan rata-rata gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan teman-teman mereka yang mempunyai keterampilan di bidang lain.

Demikian menurut rilis hasil survei ZDNet Asia tentang gaji profesional TI di Indonesia. ZDnet Asia, melakukan survei pada 78 profesional TI di Indonesia secara online selama Maret 2011 sampai Maret 2012. Hasil survei tersebut dirilis hari Senin lalu melalui situs ZDNet Asia.

Dari 78 orang yang disurvei, 37 orang berpengalaman kerja kurang dari 5 tahun, 30 orang berpengalaman antara 5 sampai 10 tahun dan 11 sisanya mempunyai pengalaman lebih dari 10 tahun.

Hasil survei tersebut mendapatkan fakta bahwa untuk mereka yang mempunyai pengalaman kerja kurang dari 5 tahun, keterampilan tentang server dan jaringan memberi gaji tahunan yang lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan di bidang lain. Admin jaringan dengan pengalaman kurang dari 5 tahun rata-rata mendapatkan gaji sebesar 75,583,333 Rupiah per tahun disusul oleh pengembang aplikasi (66,476,923 Rupiah per tahun), dan admin basis data (65,800,000 Rupiah per tahun). Sedangkan yang terendah adalah mereka yang mempunyai keterampilan dalam bidang sistem operasi yang hanya mendapatkan 13,400,000 Rupiah per tahun.

Dalam masa 10 tahun pertama bekerja, mengembangkan keterampilan untuk memberikan solusi bisnis dan TI akan memberi banyak manfaat karena menurut survei ZDNet, bidang konsultan TI menawarkan rata-rata gaji 153,750,000 Rupiah per tahun, tertinggi dibandingkan keterampilan lainnya untuk profesional yang mempunyai pengalaman kerja di atas 10 tahun.

Untuk level manajemen, profesional TI yang bekerja pada perusahaan yang bergerak di bidang hukum dan keuangan di Indonesia, mendapatkan rata-rata gaji yang paling besar. Mereka rata-rata mendapatkan 250 juta rupiah per tahun, lebih tinggi dibandingkan mereka yang bekerja di pemerintahan, atau pada perusahaan kesehatan dan pendidikan yang rata-rata mendapatkan gaji 215 juta rupiah per tahun. Profesional TI yang bekerja pada level manajemen di perusahaan yang bergerak di bidang TI, web, dan telekomunikasi, rata-rata hanya mendapatkan gaji 170 juta per tahun.

Berdasarkan hasil survei ini, apakah Anda tertarik untuk menjadi karyawan? Atau hanya sekedar sambilan sebelum Anda mendirikan startup Anda sendiri?

[Sumber gambar]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again