Categories

Berita

Zomato Tambahkan Koleksi Berbasis Tema di Layanan Pencarian Restoran

Amir Karimuddin - 2 June 2014

Layanan pencarian restoran Zomato menambahkan koleksi berbasis tema di halaman pencariannya. Disebut sebagai Koleksi (atau Collections di versi internasionalnya), fitur Koleksi mengelompokkan restoran-restoran populer ke dalam tema dan tren spesifik berbasiskan aktivitas dan minat pengguna. Contoh Koleksi yang sekarang muncul di halaman pencarian Zomato adalah Makan Sehat, Khas Indonesia, ataupun Makan Hemat.

Menurut Founder dan CEO Zomato Deepinder Goyal dalam rilis persnya, “Dengan menambahkan lapisan sosial baru ke industri pencarian restoran, kami ingin melakukan perubahaan lebih jauh dan memberikan informasi yang belum tentu khusus dicari oleh Foodie. Dengan Koleksi, kita mengubah pencarian restoran menjadi daftar kecil yang berisikan informasi restoran kepentingan atau tema tertentu. Tambahan lain melalui aspek mesin pencari, Koleksi memberikan sudut pandang baru dari sisi pencarian. Diikuti oleh pembaruan tampilan antar  muka  (user  interface)  membuat  kegiatan  pencarian  restoran  menjadi  lebih  mudah.”

Informasi tema yang dikembangkan oleh Zomato langsung diimplementasikan di desktop dan aplikasi mobile-nya, dengan tema khusus di setiap kota. Menurut Country Manager Zomato Indonesia William Tunggaldjaja, “Informasi di segmen Koleksi akan ter-update secara automatis karena kami mempunyai database pengguna yang terkomplit. Kami bisa memberikan informasi restoran populer yang paling akurat.”

Menurut pengamatan kami, setiap koleksi memiliki setidaknya 10 informasi restoran dan bahkan beberapa Koleksi memiliki hingga 20-30 restoran. Setiap Koleksi juga bisa dibagikan melalui layanan media sosial atau email untuk menginformasikannya kepada teman-teman kita.

William mengkonfirmasi bahwa saat ini konsumen belum bisa membuat Koleksi-nya sendiri. Meskipun demikian, pihak Zomato akan terus memberikan Koleksi yang mengikuti tren dan kegiatan khusus, misalnya untuk Ramadhan ataupun Piala Dunia. Mereka yakin bahwa apa yang disajikan oleh Koleksi Zomato sesuai dengan harapan konsumen. Willam mengungkapkan, “Kami benar-benar menggunakan big data untuk memberikan informasi yang konsumen inginkan.”

Menurut data bulan April, Zomato Indonesia telah memiliki basisdata lebih dari 18.500 restoran untuk kawasan seputaran Jakarta dan diklaim mencakup sekitar 94% dari total tempat makan di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, dengan pembaruan setiap dua bulan. Tahun ini Zomato juga akan mengembangkan bisnisnya di Indonesia dengan menambahkan informasi restoran di Bandung dan kawasan Bali. Secara global, Zomato yang berasal dari India telah memiliki basisdata 228.000 restoran di 12 negara (41 kota).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter