Categories

Gadget

ZTE Axon 20 5G Adalah Smartphone Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

ZTE menjadi vendor pertama yang menghadirkan teknologi tersebut secara komersial

Lukman Azis - 2 September 2020

ZTE telah mengumumkan Axon 20 5G, smartphone pertama di dunia dengan teknologi under-display camera atau kamera di bawah layar. Besar kemungkinan, kamera depan di bawah layar ini akan menjadi tren smartphone selanjutnya menggantikan notch maupun punch hole.

Hal tersebut lantaran beberapa vendor smartphone juga tengah mengembangkan teknologi serupa. Namun, ZTE menjadi vendor pertama yang menghadirkan teknologi tersebut secara komersial.

ZTE-Axon-20-5G-1

Dalam mengembangkan kamera depan yang tersembunyi ini, ada sejumlah tantangan yang dihadapi. Mulai dari berkurangnya cahaya yang masuk ke dalam sensor yang mengakibatkan penurunan kualitas foto hingga masalah estetika yang ditimbulkan.

Untuk mengatasi masalah pencahayaan, ZTE menggunakan lapisan film khusus yang sangat transmisif dan transparan. Kamera depan 32MP pada ZTE Axon 20 5G juga dilengkapi dengan sensor cahaya sendiri agar dapat mengatur cahaya yang dibutuhkan.

Selain itu, ZTE juga turut mengubah pengaturan piksel di sekitar lensa kamera menghasilkan piksel dan warna yang senada dengan konten yang ditampilkan di layar utama. Untuk mengoptimalkan kejernihan foto selfie, ZTE juga menggunakan algoritme pemrosesan baru.

Axon-20-5G-Blue-1340x754

Layar ZTE Axon 20 5G sendiri menggunakan panel OLED dengan refresh rate 90 Hz. Ukurannya sangat lapang yaitu 6,92 inci beresolusi Full HD+ dalam aspek rasio 20.5:9. Layarnya mendukung keluaran warna 10 bit dan mengemas sensor fingerprint under-display.

Balik ke belakang, smartphone ini dibekali empat uni kamera dengan kamera utama beresolusi 64MP f/1.8. Ditemani kamera 8MP f/2.2 dengan lensa ultra wide 16mm, serta sepasang kamera 2MP dengan lensa macro dan sebagai depth sensor.

Jeroan smartphone Android 10 dengan antarmuka Mifavor 10.5 ini adalah chipset Qualcomm Snapdragon 765G. Didukung RAM 6GB atau 8GB dan penyimpanan internal 128GB atau 256GB, serta baterai 4.220 mAh dengan fast charging 30W.

Saat ini, ZTE Axon 20 5G tersedia di pasar Tiongkok dan mulai dijual pada tanggal 10 September dalam warna hitam, putih, ungu, dan oranye. Harganya mulai dari 2,198 Yuan atau sekitar Rp4,7 jutaan untuk model 6/128GB, sedangkan versi 8/128GB dibanderol 2,498 Yuan atau Rp5,4 juta dan varian paling tinggi yaitu 8/256GB dijual seharga 2,798 Yuan atau Rp6 juta.

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter