7 December 2015

by Bambang Winarso

ZTE Blade A1, Smartphone Murah Beramunisi Wah

ZTE Blade A1 menyusul sang senior dengan gebrakan hebat, mengemas sensor sidik jari dan kamera 13MP namun dengan banderol kurang dari $100

Jajaran smartphone generasi Blade dari ZTE kembali mendapat anggota baru setelah sang tuan memperkenalkan Blade A1 di Tiongkok baru-baru ini. Pendatang baru di keluarga Blade ini merupakan perangkat entrylevel, ditandai dengan label harganya yang hanya dipatok di kisaran CNY 599 atau kurang dari $100. Tetapi seperti sejumlah perangkat baru keluaran ZTE, belum dapat dipastikan apakah anak baru ini juga akan diluncurkan di luar Tiongkok.

ZTE Blade A1 menyuguhkan area bermain bagi jemari seluas 5 inci beresolusi HD atau 720 x 1280 piksel dengan kepadatan 293ppi yang sudah cukup baik. Di bagian belakang perangkat bersemayam kamera 13MP yang cukup mengejutkan mengingat label harga yang dibawanya. Tapi rasa kaget saya tidak berhenti di situ, di bagian depan pun ada kamera beresolusi sangat baik, yakni 8MP plus sejumlah fitur selfie modern lainnya.

Di bawah tudung terdapat chipset MediaTek MT6735 yang mempunyai performa clock di 1,3GHz bersama RAM 2GB dan memori internal 16GB. Jika kapasitas ini dirasa kurang memadai, ZTE sudah memberikan alternatif tambahan berupa slot microSD yang mampu melahap tambahan memori seluas 128GB.

Mengandalkan MiFavor 3.2 UI berbasiskan Android 5.1 Lollipop di bagian interface, smartphone datang pula dengan sensor sidik jari di bawah kamera belakang. Menambah kilau pesona perangkat yang bahkan sebelum sampai di bagian ini saya yakin sudah berhasil memukau Anda. Perangkat dibalut warna-warna yang beragam mulai dari Smart White, Vibrant Yellow, Dream Green, Cool Blue, hingga Space Grey. Meskipun material cangkang yang digunakan masih menggunakan plastik, namun dengan sejumlah fitur premium yang dibawa, kekurangan ini dapat tertutupi dengan apik.

Tapi kembali lagi soal ketersediaan, Anda mungkin berharap bisa memiliki perangkat ini, hanya saja sementara ini belum ada kepastian apakah ZTE punya rencana membawa perangkat murah gaharnya ini ke luar Tiongkok.

Sumber berita NDTV.