Airy dan Kementerian Pariwisata Tandatangani Nota Kesepahaman Pengembangan SDM Digital 4.0

Airy dan Kementerian Pariwisata Tandatangani Nota Kesepahaman Pengembangan SDM Digital 4.0

Airy, perusahaan penyedia solusi perjalanan beranggaran rendah di Indonesia, menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata, hari ini (16/10) pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata (SMK) 2019, di Jakarta. Di hadapan lebih dari 100 SMK Pariwisata dari seluruh Indonesia, nota kesepahaman ini mengukuhkan komitmen Airy mendukung pemerintah dalam membangun sumber daya manusia berdaya saing tinggi untuk industri pariwisata di era digital 4.0. Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata, Airy akan memberikan program-program pelatihan di seluruh Indonesia, guna menguatkan talenta muda di industri pariwisata untuk menghadapi kompetisi global.

Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas) memberi gambaran kondisi ketenagakerjaan pariwisata Indonesia. Pada 2017, industri pariwisata memiliki daya serap tenaga kerja yang tergolong tinggi dengan angka 10,6 juta orang atau setara 9,03% dari total tenaga kerja nasional dengan mayoritas memiliki latar belakang lulusan sekolah menengah atau lebih rendah. Sementara, riset Travel and Tourism Competitiveness Report (2017) menyatakan bahwa performa sumber daya manusia (SDM) Indonesia dalam indeks daya saing pariwisata menempati posisi 64 di dunia, bahkan peringkat 4 terakhir di ASEAN. Kualitas tenaga kerja jelas menjadi kunci. Untuk semakin meningkatkan kualitas SDM pariwisata dan bersanding secara internasional, rangkaian program dan pelatihan ketenagakerjaan dalam bidang perhotelan menjadi kunci dalam menerapkan Industri 4.0 di perekonomian Indonesia.

Samsu Sempena, Co-founder dan Chief Technology Officer Airy, mengatakan pemberdayaan sumber daya manusia di era digital menjadi fokus pemerintah saat ini. Hal ini tentunya akan terwujud, jika pelaku industri digital seperti Airy turut memberikan andil. “Menjadi kehormatan bagi Airy untuk dapat berkontribusi dalam mengemban misi Tanah Air untuk mewujudkan industri 4.0 di Indonesia melalui pengembangan SDM pariwisata. Sebagai Accommodation Network Operator (ANO) terdepan di Indonesia, Airy selalu berupaya untuk meningkatkan industri pariwisata di Indonesia melalui rangkaian program dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Samsu.

Samsu menambahkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata ini pun menegaskan komitmen Airy untuk menciptakan ekosistem pariwisata yang nyaman dan ramah anggaran, dengan mengedepankan konsep 4T, yakni: technology, training SDM Digital 4.0, transformasi dan transparency.

Selain merangkai program-program baru yang akan dijalankan bersama oleh Kementerian Pariwisata, Airy telah menjalankan pelatihan ketenagakerjaan di sektor pariwisata melalui program Airy Community. Platform pelatihan ini menjadi gagasan Airy untuk menstandardisasi mutu layanan properti hotel/penginapan di bawah naungannya. Sepanjang 2019, Airy telah menjalankan rangkaian pelatihan dan pendalaman materi, terutama pada aspek housekeeping dan front office, kepada lebih dari 4.000 karyawan mitra properti.

“Pariwisata memiliki peluang untuk berkontribusi dengan nilai unggulan berupa mendukung aspek penciptaan lapangan pekerjaan (pro-job), mendukung pertumbuhan perekonomian (pro-growth), mengentaskan kemiskinan (pro-poor), mendukung kelestarian lingkungan (pro-environment), dan keberlanjutan (sustainability). Berbasis pada keunggulan tersebut, maka diperlukan sebuah Sumber Daya Manusia yang mumpuni dan memiliki daya saing tinggi untuk menghadapi persaingan di era Revolusi Industri 4.0”, ujar Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, selaku Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata.

Menjadi ANO terdepan di Indonesia, Airy terus berkomitmen untuk mewujudkan ekosistem berlibur yang ramah anggaran tanpa mengorbankan kenyamanan. Selain memberikan pelatihan karyawan, Airy juga turut mengembangkan pariwisata Indonesia yang berkelanjutan dengan inovasi-inovasi teknologi. Airy mengenalkan platform Airy Ease, yaitu property management system yang dapat membantu para mitra properti serta karyawan hotel dalam memantau operasional bisnisnya secara online. Airy juga mengembangkan Airy Aura, yaitu mesin self-check in, yang akan diterapkan di berbagai propertinya. Seluruh properti Airy juga memiliki Jaminan Kenyamanan yang terdiri dari AC, tempat tidur yang nyaman, air panas, peralatan mandi, televisi layar datar, Wi-Fi, serta makanan dan minuman ringan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again