Bagaimana Membawa Repeat Visitor Kembali Berbelanja di Situs Anda.

Bagaimana Membawa Repeat Visitor Kembali Berbelanja di Situs Anda.

Secara umum, pemasar sudah semestinya menghargai orang yang sering berkunjung ke toko atau repeat visitor sama seperti pelanggan baru. Ini berlaku untuk toko offline maupun online. Akan tetapi, bagi para pengunjung berulang ini, salah satu faktor yang membuat mereka kembali adalah kepercayaan. Matoa-Indonesia.com mengetahui dengan pasti pentingnya menjaga kepercayaan pengunjung berulang. Pengrajin jam tangan kayu khas Indonesia ini menyediakan program loyalty bagi orang yang sudah pernah membeli produknya dengan penawaran diskon spesial pada pembelian kedua bagi pelanggan yang menggunakan garansinya. Dengan strategi ini, mereka bisa mendapatkan sekitar 40% hingga 50% pengunjung berulang (repeat visitor).

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan online dengan cara yang membutuhkan lebih sedikit waktu, usaha, dan uang adalah untukmemfokuskan strategi pemasaransecara online kepada repeat visitor dari situs Anda. Perlu diingat bahwa pengunjung yang kembali ke situs atau returning visitor berbeda dengan pengunjung berulang atau repeat visitor. Mungkin perbedaannya bisa dijelaskan seperti ini, returning visitor adalah orang yang berkunjung ke toko setelah sebelumnya pernah setidanya sekali berbelanja di toko tersebut, sedangkan repeat visitoradalah orang yang sudah berbelanja lebih dari satu kali di toko tersebut.

Kenapa repeat visitor? Karena pengunjung berulang lebih mungkin berbelanja dibanding pengunjung yang baru pertama kali mendatangi toko, sehingga bisa meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Pengunjung berulang sudah tahu produk dan merek dari perusahaan Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi menjelaskan lagi dari awal. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan repeat visitor ke situs Anda?

Berikut adalah lima hal yang perlu Anda lakukan:

Perbaharui Situs Anda dengan Konten-konten Segar

Tentunya orang membutuhkan konten yang baru setiap harinya. Memperbarui konten situs Anda secara rutin akan memberikan sesuatu yang baru bagi pengunjung situs setiap kali mereka berkunjung. Pertimbangkan untuk menyediakan laman Kabar terbaru? atau “Tips hari ini sehingga situs Anda menyajikan info terkini dari perusahaan Anda. Jangan lupa untuk memperbarui grafis situs Anda secara berkala agar menyegarkan situs secara keseluruhan. Anda juga bisa menggaet pelanggan untuk kembali dengan cara mengumumkan tawaran atau promosi yang akan datang, sehingga mereka pun terpikat untuk kembali berkunjung ke situs Anda.

Tawarkan Nilai atau Diskon Tambahan

Pelanggan pada umumnya akan senang bisa mendapatkan sesuatu yang eksklusif yang tidak bisa didapatkan di tempat lain, sehingga mereka merasa spesial dan dihargai. Berikan diskon dan sampel gratis, atau buatlah program loyalty yang memberikan penawaran hadiah. Anda juga bisa mengidentifikasi partner atau perusahaan lain yang menawarkan produk lain dan jasa tambahan untuk Anda ‘ karena Afiliasi Anda dengan situs lainnya akan membantu dalam membangun kredibilitas usaha Anda. (Dan membuat pranala balik (back link) yang mengarahkan ke situs Anda juga akan membantu dalam SEO!)

Bersosialisasi dan Undang Mereka Kembali

Bangun dan kembangkan jangkauan media sosial Anda melalu tombol berbagi (sharing) yang memperkenankan pengunjung situs untuk bergabung dan me-like situs media sosial Anda pada Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter. Semakin banyak like, shares, dan tweet yang Anda miliki semakin brand awareness Anda akan semakin terbangun. Dan ketika konsumen semakin mengenali suatu brand , maka kemungkinan menjadi repeat visitor akan semakin besar. Sediakan juga mereka pilihan untuk menandai (bookmarking) dan menambahkan situs Anda menjadi link favorit mereka untuk memudahkan para pengunjung kembali ke situs Anda.

Tetap Berhubungan

Tetap berhubungan dan menjaga kontak dengan pengunjung situs menciptakan rasa memiliki terhadap brand dan rasa aman terhadap situs Anda. Tawarkan bagi mereka pilihan buletin bulanan gratis tentang produk barang dan jasa Anda. Ketika Anda memiliki alamat email mereka, kirimkan penawaran spesial atau harga promo untuk menarik mereka kembali ke situs Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan RSS feed juga. Dengan membawa konten yang segar kepada konsumen secara langsung setiap harinya, Anda akan mendorong kunjungan yang berulang.

Berikan Kepercayaan dan Keyakinan

Pada akhirnya dua hal inilah yang diinginkan oleh pengunjung baru maupun pelanggan. Anda juga dapat memberikan hal tersebut melalui pemberian layanan berkualitas tinggi secara konsisten, memenuhi komitmen pengiriman, dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Konsumen yang memiliki pengalaman buruk mungkin tidak akan kembali lagi apapun alasannya, oleh karena itu pastikan Anda memberikan apa yang Anda janjikan.

Sekali pengunjung baru kembali mengunjugi situs Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja dan berinteraksi lebih jauh dengan bisnis Anda. Oleh karena itu, penting untuk memasarkan secara langsung kepada pengunjung kembali dan pengunjung berulang (return andrepeat visitor) karena sangat mungkin pendapatan Anda sebagian besar akan berasal dari mereka. Anda hanya perlu mengubah pengunjung berulang menjadi pelanggan atau konsumen berulang yang berkali-kali berbelanja di bisnis Anda.

Sebagai gambaran lebih jauh akan besarnya pendapatan bisnis dari mereka yang berulangkali berbelanja di bisnis Anda, berikut adalah hasil penelitian tentang The Value of Online Customer Loyalty atau Nilai dari Loyalitas Konsumen Online:

  • Repeat customer atau pelanggan berulang adalah orang yang menghabiskan uang dan menghasilkan jumlah transaksi lebih besar dibanding pelanggan lain. Untuk pakaian, rata-rata repeat customer menghabiskan 67 persen uang lebih banyak di bulan 31-36 dalam kegiatan belanjanya daripada di bulan nol-sampai-enam. Misalnya, pembelian ke-5 seorang pembelanja 40 persen lebih besar dari pembelian yang pertama, dan pembelian ke-10 hampir 80 persen lebih besar dari pembelian pertama.
  • Repeat customer akan mereferensikan lebih banyak orang dan mendatangkan bisnis yang lebih besar. Rata-rata, pembelanja pakaian merujuk masing-masing tiga orang ke situs toko online setelah pembelian pertama mereka. Setelah pembelian ke-10, pembelanja yang sama telah merujuk tujuh orang ke situs tersebut.
  • Pelanggan yang loyal akan membeli berbagai produk yang Anda tawarkan. Dimana saja, pembelanja online mengungkapkan kesediaannya untuk membeli jenis produk lainnya dari toko online pilihan mereka. Pembelian berulang tidak hanya akan membangun kepercayaan tetapi juga memberikan lebih banyak peluang cross-selling.

Mendapatkan trafik ke situs Anda memang penting, tetapi itu hanya salah satu dari berbagai hal penting lainnya. Dengan memilah pengunjung yang mendatangi situs Anda dan kemudian fokus pada tipe pelanggan tertentu dalam kegiatan pemasaran, kesuksesan tentunya akan semakin terbuka dalam waktu singkat.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again