Broom.id Mantapkan Langkah jadi Teman Bisnis Showroom dengan Perkenalkan Susunan Manajemen Baru
Broom.id Mantapkan Langkah jadi Teman Bisnis Showroom dengan Perkenalkan Susunan Manajemen Baru
Pertegas komitmen untuk berdayakan showroom mobil bekas dengan teknologi, Broom.id, perusahaan teknologi untuk ekosistem showroom mobil bekas di Indonesia, memperkenalkan jajaran manajemen baru, dengan menunjuk Claussen Sindhuwinata, mantan eksekutif di Gojek dan Uber, dengan pengalaman manajemen operasional lebih dari belasan tahun, sebagai Chief Operating Officer (COO) Broom.id. Kehadiran Claussen ini juga menjadi bagian dari roadmap perusahaan untuk memperkokoh posisi perusahaan sebagai Teman Bisnis Showroom, dengan menyediakan berbagai layanan komprehensif dari segi teknologi dan non teknologi, dalam meningkatkan skala bisnis showroom mobil bekas di Indonesia.
Broom.id didirikan tahun 2021 oleh para profesional berpengalaman di industri teknologi dan otomotif tanah air, yakni Pandu Adi Laras (CEO), Pungky Wibawa (CBO) dan Andreas Sutanto (CFO). Pandu Adi Laras adalah founding team perusahaan ride hailing global Uber di Indonesia serta mantan eksekutif perusahaan on-demand Gojek dan GoFleet, dan Pungky Wibawa serta Andreas Sutanto adalah founder dari Bimmeroom, showroom BMW terbesar di Indonesia. Dengan kombinasi pengalaman tersebut, Broom.id berusaha menjawab masalah terbesar bagi pelaku bisnis showroom mobil bekas tanah air yang mayoritas masih bersifat
tradisional. Berdasarkan data internal perusahaan, sektor industri showroom yang mencakup lebih dari 40 ribu showroom di Indonesia terus bertumbuh, dengan potensi yang mencapai USD 52 miliar per tahunnya.
Pandu Adi Laras, Co-Founder & CEO Broom.id menjelaskan “Sama halnya dengan UMKM dan warung tradisional di Indonesia, showroom mobil bekas ini memegang peran penting dalam perputaran ekonomi secara informal, terlebih di tengah situasi ekonomi saat ini. Broom.id telah bekerja sama dengan lebih dari 3,000 showroom di Jabodetabek dengan memberikan berbagai layanan seperti penjualan sementara stok mobil ke Broom.id untuk dapat dibeli kembali oleh showroom (buyback), marketplace eksklusif showroom, dan program komunitas. Kedepan, Kami telah mempersiapkan roadmap Broom.id sebagai ekosistem teknologi paling komprehensif bagi industri showroom UMKM mobil bekas di tanah air, mulai dari pengembangan teknologi untuk memberikan pelayanan platform
digital terintegrasi dengan berbagai fitur dan produk menarik, meningkatkan pengetahuan pelaku showroom UMKM mobil bekas dengan berbagai program literasi teknologi dan keuangan, hingga meningkatkan kapasitas sumber daya manusia internal, dan penunjukan manajemen yang berpengalaman.”
Bergabung dengan Broom.id pada Agustus 2022, Claussen terakhir menjabat sebagai Senior Vice President Operations di perusahaan on-demand Gojek dengan karir lebih dari empat tahun, dimana Claussen mengepalai urusan driver dari GoRide dan GoCar. Sebelumnya, Claussen juga berkarir di perusahaan ride hailing global Uber selama empat tahun, dengan jabatan terakhir sebagai Head of Strategic Projects and Strike Team di Indonesia dengan fokus pada berbagai proyek internal strategis dalam operasional sehari-hari dalam mendukung keberlanjutan perusahaan.
“Saya sangat senang dapat bergabung bersama Broom.id, serta dapat berkolaborasi bersama Pandu, Pungky, Andreas serta ratusan talenta berbakat lainnya dari industri teknologi dan otomotif. Tak hanya dari manajemen yang berpengalaman di bidangnya dan juga model bisnis yang unik, saya melihat ambisi jangka panjang dari perusahaan dalam memberdayakan industri showroom UMKM mobil bekas yang selama ini operasionalnya belum banyak tersentuh teknologi di Indonesia,” ujar Claussen Sindhuwinata, COO Broom.id.
Claussen menambahkan pandangannya bahwa peran teknologi dan misi dampak sosial harus menjadi satu kesatuan agar para showroom UMKM mobil bekas dapat memaksimalkan setiap kesempatan mereka jadi sebuah peluang bisnis. “Hampir mayoritas showroom UMKM mobil bekas yang Broom.id temui memiliki masalah yang sama, yakni akses terhadap inventory penjualan baru maupun turnover transaksi jual-beli yang rendah atau stok yang menumpuk. Disisi lain, pengelolaan bisnis mereka masih dilakukan secara tradisional. Hal ini membuat mereka tidak memiliki fleksibilitas dari sisi cash flow serta menyulitkan mereka untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi. Untuk itu, kami terus mempertegas komitmen kami sebagai Teman Bisnis Showroom, dimana kami akan memberikan berbagai solusi teknologi dan layanan yang paling cocok bagi mereka, agar mereka dapat terus berkembang bersama kami.”
Ketekunan misi Broom.id ini mendorong pengakuan dari berbagai pihak, dimana Broom.id baru-baru ini terpilih dalam beberapa program akselerator startup strategis baik dalam maupun luar negeri, seperti Startup Studio Indonesia Batch 5 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Scale Up Growth Batch 3 dari Endeavour, jaringan wirausaha global
untuk perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Terbaru, Broom.id baru saja bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Group untuk pengembangan ekosistem otomotif di Indonesia melalui BRI, BRI Finance, BRI Insurance, dan BRI Life.
“Kami menerima respon yang sangat positif dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk dari pelaku bisnis showroom UMKM mobil bekas. Dengan kombinasi layanan berbasis teknologi yang komprehensif namun tak melupakan sentuhan manusia seperti layanan aftersales dan program komunitas, pada akhirnya banyak showroom UMKM mobil bekas yang tertarik untuk bergabung bersama Broom.id untuk tumbuh bersama kami. Untuk itu, Kami juga terus terbuka untuk kolaborasi dengan Pemerintah dan pelaku industri dari berbagai sektor yang punya kesamaan misi dengan kami. Dengan industri otomotif yang sedang bergairah, Kami percaya bahwa misi memberdayakan showroom ini penting jadi misi bersama agar mereka juga dapat ikut berkontribusi pada pemulihan ekonomi di tanah air.” tutup Pandu.