Digitalisasi hingga Komitmen Keberlanjutan, Bluebird Pasang Standar Tinggi untuk Kenyamanan Pengguna

Digitalisasi hingga Komitmen Keberlanjutan, Bluebird Pasang Standar Tinggi untuk Kenyamanan Pengguna

“Bluebird memiliki sistem operasional yang teruji sejak 52 tahun lalu untuk menjaga Standar Nyaman Indonesia (SNI). Sistem ini menjadi fondasi untuk memastikan armada yang terawat dan berkualitas tinggi, serta memastikan pengemudi memberikan layanan yang prima. Bagi kami, setiap kilometer perjalanan itu berarti,” ujar Direktur Utama PT Blue Bird Tbk., Adrianto (Andre) Djokosoetono dalam sebuah acara (25/9).

Di tengah banyaknya opsi layanan transportasi — baik yang dipesan lewat aplikasi maupun secara langsung— Bluebird tampak masih kokoh menjadi top-of-mind di kalangan masyarakat, khususnya di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung hingga Medan. Bagaimana tidak, saat pebisnis transportasi lain banyak mengeluh orderan tergerus akibat layanan ride-hailing, Bluebird justru tak mau kalah dengan menggenjot transformasi digital, melahirkan aplikasi sekaligus integrasi yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses ke transportasi umum yang terjamin.

Proposisi nilai Bluebird sangat kentara di lanskap bisnis transportasi saat ini, yakni armada dan pengemudinya. Ini tentang bagaimana ketersediaan, kecakapan mengemudi, hingga jaminan keamanan yang dipadukan. Dengan pengalaman di industri selama 52 tahun, dengan lebih dari 23 ribu armada — 3500 di antaranya adalah mobil listrik dan gas, telah mampu memberikan pembelajaran apik tentang bagaimana memberikan pelayanan perjalanan darat yang menyenangkan bagi konsumen.

Agar proposisi nilai tersebut tetap bertahan dan terus meningkat, Bluebird memiliki komitmen yang mereka sebut dengan Standar Nyaman Indonesia (SNI). Komitmen Bluebird adalah memberikan armada terstandardisasi, pengemudi profesional, serta layanan terintegrasi, dilanjutkan oleh hadirnya mobilitas berkelanjutan.

Babak transformasi digital Bluebird

EZPoint sebagai salah satu nilai tambah yang diberikan ke pengguna MyBluebird / Bluebird

Bluebird telah melakukan transformasi digital yang signifikan melalui pengembangan aplikasi MyBluebird sejak 2016. Sebagai respons atas perubahan perilaku konsumen seiring dengan digitalisasi di berbagai aspek, aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi pengguna dalam mengakses layanan transportasi Bluebird.

Beberapa fitur unggulan dari MyBluebird meliputi:

  • All-In-One Service: Pengguna dapat memilih berbagai layanan Bluebird, seperti taksi reguler, Silverbird, Goldenbird, dan BirdKirim untuk pengiriman barang, semuanya dalam satu aplikasi.
  • Fixed Price: Menawarkan tarif perjalanan yang pasti, memungkinkan pengguna mengetahui biaya perjalanan sebelum memulai, tanpa khawatir tentang perubahan tarif akibat kondisi jalan atau jam sibuk.
  • Multi-Payment: Menyediakan berbagai metode pembayaran, termasuk tunai, kartu kredit, dan dompet digital, memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi.
  • EZPay: Fitur ini memungkinkan pengguna mengonversi pesanan langsung di jalan menjadi pemesanan online, sehingga dapat melakukan pembayaran non-tunai melalui aplikasi MyBluebird.
  • Chat to Driver: Memungkinkan komunikasi langsung antara pengguna dan pengemudi melalui fitur chat, memudahkan koordinasi dan memastikan perjalanan yang aman serta nyaman.
  • Customizable Favorite Places: Pengguna dapat menyimpan hingga 20 alamat favorit, memudahkan pemesanan ulang tanpa perlu memasukkan alamat secara manual setiap kali.

Sebenarnya tidak hanya itu, Bluebird juga telah melakukan integrasi strategis dengan berbagai aplikasi ride-hailing, seperti Gojek dan Grab, untuk memperluas jangkauan layanan mereka dan meningkatkan kemudahan bagi konsumen. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk memesan layanan Bluebird langsung melalui aplikasi ride-hailing yang sudah mereka gunakan, tanpa perlu beralih ke aplikasi MyBluebird.

Transformasi digital Bluebird penting untuk menyesuaikan diri dengan perubahan preferensi konsumen yang kini mengutamakan kemudahan akses dan fleksibilitas pembayaran. Ini tidak hanya membuat Bluebird tetap relevan di tengah persaingan yang ketat dengan perusahaan ride-hailing berbasis teknologi, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional melalui pengelolaan pemesanan dan pembayaran yang lebih baik.

Transformasi ini juga memberi Bluebird keuntungan strategis dalam hal data pelanggan dan memperluas jangkauan pasar melalui kemitraan digital. Akses ke data pengguna membantu Bluebird memahami tren dan perilaku konsumen, yang dapat digunakan untuk mengembangkan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Pada akhirnya, transformasi digital ini menjadi langkah krusial bagi Bluebird untuk mempertahankan daya saing, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memastikan keberlanjutan bisnis di era yang semakin digital.

Komitmen berkelanjutan

BlueSky sebagai salah satu inisiatif berkelanjutan Bluebird / BluebirdDig

Bluebird menunjukkan komitmen berkelanjutan melalui inisiatif dalam berbagai aspek operasional dan sosial. Melalui Visi Keberlanjutan 50:30, perusahaan ini menargetkan pengurangan emisi karbon dan limbah operasional hingga 50% pada tahun 2030. Upaya ini diwujudkan melalui tiga pilar utama: BlueSky (lingkungan), BlueLife (kesejahteraan sosial), dan BlueCorps (tata kelola perusahaan). Di bawah pilar BlueSky, Bluebird mengoperasikan lebih dari 200 armada taksi listrik dan 3.200 armada berbahan bakar CNG serta memasang panel surya. Program 3R dan upaya pengurangan sampah plastik juga menjadi bagian dari strategi ini, dengan hasil signifikan berupa pengurangan lebih dari 27.000 ton emisi karbon hingga tahun 2023.

“Saat ini kami memiliki lebih dari 3.500 armada ramah lingkungan berbasis listrik dan gas. Kami sadar bahwa mobilitas keberlanjutan lebih dari sekedar dari armada, sehingga Bluebird membangun ekosistem untuk mendukung komitmen tersebut. Di mulai dari operasional pengemudi, infrastruktur pengisian daya, hingga transisi energi bersih. Ini menjadi bagian dari pilar Blue-Sky pada Visi Keberlanjutan yang menargetkan pengurangan emisi dan buangan sebesar 50 persen hingga tahun 2030,” ungkap Andre.

Selain itu, Bluebird berkolaborasi dengan berbagai mitra dalam inisiatif sosial. Program Cititrans Sustainability Movement, misalnya, memungkinkan pelanggan menyumbang Rp500 untuk program penanaman pohon bekerja sama dengan BenihBaik.com. Pilar BlueLife juga mencakup pemberian beasiswa bagi anak-anak pengemudi dan pemberdayaan istri pengemudi melalui program pelatihan keterampilan. Bluebird juga mendukung kepemilikan sepeda motor listrik bagi pengemudi, sehingga membantu mengurangi emisi serta menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat bagi komunitas.

Menuai hasil dengan capaian gemilang

Penyampaian kinerja positif Bluebird dalam RUPS Tahunan / Bluebird

Pada tahun 2023, PT Blue Bird Tbk (BIRD) berhasil mempertahankan kinerja yang solid dengan mencatatkan pertumbuhan pendapatan double digit dua tahun berturut-turut. Total pendapatan Bluebird meningkat sebesar 23%, mencapai Rp4,4 triliun dibandingkan tahun sebelumnya, yang juga melebihi pendapatan sebelum pandemi (2019) sebesar Rp4,0 triliun. Pertumbuhan EBITDA sebesar 22%, mencapai Rp1,1 triliun, mendukung peningkatan profitabilitas perusahaan. Hal ini sejalan dengan tingginya tingkat utilisasi armada yang didorong oleh permintaan pelanggan yang semakin meningkat

Pertumbuhan ini didorong oleh berbagai inisiatif strategis, termasuk peningkatan armada, penggunaan teknologi, dan loyalitas pelanggan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again