Tahun 2017 lalu, Alibaba Group menandatangani kerja sama strategis jangka panjang dengan International Olympic Committee (IOC) hingga 2028. Melalui program The Olympic Partner (TOP), Alibaba menjadi mitra resmi untuk layanan komputasi awan dan platform e-commerce, serta menjadi mitra pendiri Olympic Channel. Alibaba dan IOC memiliki visi yang sama, yaitu teknologi dapat mentransformasi kompetisi olahraga secara digital. Oleh karena itu, kerja sama ini akan semakin memperluas rangkaian inovasi kompetisi olahraga di masa depan.

Dengan dimulainya Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan, Chief Marketing Officer Alibaba Chris Tung berbagi informasi mengenai bagaimana kerja sama ini akan membawa transformasi, baik untuk Alibaba dan Olimpiade seperti di bawah ini:

  • Alibaba Group dan IOC merupakan dua organisasi global dengan ambisi yang sama, yaitu memanfaatkan inovasi dan teknologi terbaru untuk mentransformasi kompetisi olahraga di era digital.
  • Sepuluh tahun ke depan, infrastruktur untuk melakukan hosting dan menjalankan kegiatan operasional Olimpiade akan dijalankan pada sistem Alibaba Cloud. Penggunaan Alibaba Cloud ini akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan keamanan.
  • Dalam hal infrastruktur teknologi informasi, Alibaba yakin bahwa penggunaan komputasi awan akan menguntungkan IOC dan komite pelaksana dari sisi harga dan efisiensi operasional. Penggunaan komputasi awan juga akan memudahkan komite pelaksana mengorganisir data dan teknologi yang ada untuk digunakan komite selanjutnya. Ini merupakan bukti nyata bagaimana penggunaan big data dan komputasi awan dapat mentransformasi kompetisi olahraga, dan berbagai hal lainnya.
  • Alibaba juga akan membawa masa depan kompetisi olahraga di PyeongChang dengan memanfaatkan teknologi yang membuat pengalaman Olimpiade kali ini lebih menyenangkan dan efisien bagi semua orang. Teknologi tersebut mulai daripemindai wajah hingga teknologi untuk panduan perjalanan, pembuatan konten yang menarik dan relevan untuk penggemar olahraga, atlet, dan media, serta situs e-commerce untuk membeli produk resmi Olimpiade dengan pengalaman baru.
  • Bagi Alibaba, e-commerce merupakan titik awal untuk membangun pusat olahraga dalam bentuk online bagi IOC. Alibaba melihat e-commerce sebagai salah satu cara untuk berinteraksi dengan pecinta olahraga di seluruh dunia. Visi Alibaba adalah untuk membentuk sebuah destinasi yang menggabungkan e-commerce, konten, berita seputar olahraga, dan informasi menarik lainnya yang berhubungan dengan cabang olahraga dan atlet-atlet di Olimpiade.
  • Melalui kerja sama untuk mentranformasi Olimpiade, Alibaba Group akan menunjukkan kepada UKM, start-up, dan bisnis di seluruh dunia bagaimana Alibaba Cloud juga dapat mentransformasi bisnis mereka. Alibaba juga telah membuat kampanye digital di platform mereka untuk perusahaan seperti P&G, Panasonic, Samsung, untuk menampilkan produk bertema Olimpiade kepada konsumennya.

Informasi lebih lanjut mengenai kerja sama Alibaba dan IOC dapat diakses melalui tautan ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.