Categories

Mengenal Garapin, Platform Digital “Cloud Factory”

DailySocial Newswire - 23 November 2021

Di masa pandemi saat ini sektor yang terkena dampak paling besar adalah Sektor UMKM, UMKM dinilai sangat penting bagi perekonomian di Indonesia, karena sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan kontribusi mencapai 57,4 persen dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk menyelamatkan kelangsungan bisnis UMKM.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah dalam membantu para pelaku UMKM agar dapat bertahan di masa pandemi adalah memberikan pembinaan agar para pelaku UMKM lebih berinovasi dari segi produk barang dan jasa dengan memanfaatkan teknologi digital.

Melihat dampak tersebut banyak dari anak – anak muda Indonesia memiliki inisiatif untuk membantu program pemerintah agar para pelaku UMKM mendigitalkan usahanya. Salah satunya adalah Aplikasi Garapin yang dikembangkan oleh para Mahasiswa Semarang -yang tergerak membantu perekonomian Indonesia.

Garapin merupakan platform digital yang menciptakan ekosistem proses produksi yang mengabungkan Produsen, Supplier, dan Toko. melalui aplikasi Garapin para produsen dapat bertemu dengan customer – customer potensial yang memiliki ide untuk membuat suatu produk.

Seperti contoh: Bapak Anwar ingin membuat barang souvenir untuk acara kantor, Bapak Anwar kesulitan mencari produsen yang bisa membuat barang souvenir sesuai keinginannya. Dengan aplikasi Garapin Bapak Anwar dapat memilih produsen yang tepat sesuai kebutuhan tanpa harus bertatap muka dan melakukan Produksi.

Saat ini aplikasi Garapin sudah ada di google playstore dan apple playstore. dan akan launching di pertengahan November 2021.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.