MoboMarket Merilis Laporan Tren Penggunaan Smartphone Android di Indonesia pada Kuartal 12015

MoboMarket Merilis Laporan Tren Penggunaan Smartphone Android di Indonesia pada Kuartal 12015

mobomarket-users-infographic-q1-2015
Jakarta, 15 April 2015 ‘ MoboMarket merilis laporan mengenai tren penggunaan smartphone Android di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2015. Laporan berjudul Q1/2015 Indonesian Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research itu disusun berdasarkan hasil riset MoboMarket terhadap kebiasaan para penggunanya di Indonesia.

MoboMarket merupakan toko aplikasi khusus Android yang dikembangkan oleh Baidu, sekaligus toko aplikasi pertama yang fokus dalam menyediakan aplikasi-aplikasi lokal dari Indonesia. Hingga akhir Maret 2015, MoboMarket telah diunduh sebanyak 10 juta kali dan memiliki lebih dari 3 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users) di Indonesia.

Hadir sebagai toko aplikasi alternatif, MoboMarket menawarkan 643.000 aplikasi bagi para pengguna Android di Tanah Air. Selama Q1/2015, MoboMarket mencatat sebanyak 361 juta aplikasi telah diunduh oleh para penggunanya di Indonesia.


Kebiasaan Pengguna: Paling sering mengunduh saat akhir pekan

Berdasarkan riset MoboMarket terhadap kebiasaan para pengguna selama Q1/2015, akhir pekan menjadi waktu yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengunduh aplikasi melalui toko aplikasi. Kebanyakan pengguna mengunduh aplikasi pada hari Sabtu (sebanyak 16,41%) dan hari Minggu (15,01%).

Jika dibandingkan dengan Q4/2014, kebiasaan pengguna dalam mengunduh aplikasi ini belum berubah. Kebanyakan orang masih lebih suka mengunduh aplikasi pada akhir pekan.
Aktivitas Pengguna: Pencarian dan pengunduhan aplikasi terus bertambah

Fitur pencarian aplikasi terbukti banyak digunakan oleh pengguna smartphone sebelum mengunduh aplikasi yang mereka inginkan. Sebanyak 34,18% pengguna melakukan pencarian sebelum mengunduh aplikasi. Angka ini meningkat dari kuartal sebelumnya, yang sebanyak 30,43%. Temuan ini menunjukkan bahwa fitur pencarian dalam toko aplikasi sangat penting dan dibutuhkan oleh pengguna. Karena itu, para pengembang aplikasi perlu memberikan deskripsi yang akurat untuk aplikasinya, untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian.

Dari sisi aktivitas pengunduhan saja, MoboMarket mencatat sebanyak 15,11% pengguna rutin mengunduh aplikasi setiap harinya. Kebanyakan pengguna, yakni sebesar 37,20%, mengunduh hanya satu aplikasi per hari. Sementara, sebanyak 24,49% mengunduh 5 aplikasi atau lebih setiap harinya. Meski begitu, jika dirata-rata setiap pengguna mengunduh sekitar satu aplikasi per hari.

Aplikasi Favorit: Game masih unggul

Sama seperti pada kuartal sebelumnya, aplikasi game, social media, dan fotografi masih menjadi aplikasi favorit pilihan pengguna MoboMarket di sepanjang Q1/2015.

Game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna, yakni sebanyak 45,61%. Sementara aplikasi social media dan fotografi menempati posisi kedua dan ketiga dengan jumlah unduh masing-masing sebesar 11,64% dan 10,20%.

Jenis game yang paling banyak diunduh adalah casual game atau game ringan, yakni sebanyak 29,92%. Sementara jenis game lainnya yang juga banyak diunduh adalah game bergenre arcade (12,26%), balapan atau racing (11,81%), action (10,19%), dan olah raga (6,33%).

Temuan Menarik Lainnya

Dalam risetnya, MoboMarket juga mendapatkan beberapa temuan menarik, sebagai berikut:

  • Sama seperti pada kuartal sebelumnya, ponsel beresolusi kecil masih terbanyak digunakan di Indonesia. Pada Q1/2015, smartphone dengan resolusi layar 800*480 piksel digunakan oleh sebanyak 34% pengguna. Sementara, sebanyak 24,19% pengguna memakai smartphone dengan layar beresolusi 480*320 piksel, dan 16,58% pengguna memakai ponsel dengan layar beresolusi 320*240 piksel.
  • Kebanyakan pengguna smartphone yang mengakses mobile internet berada di kota besar, yakni sebanyak 67,34%. Kota-kota tersebut, di antaranya Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Jumlah ini meningkat dibandingkan pada Q4/2014 yang sebesar 61,18%.
  • Sejak Q4/2014 hingga akhir Q1/2015, jumlah game dan aplikasi mobile terus bertumbuh dengan pesat. Pada Q1/2015, jenis aplikasi baru yang paling banyak diunduh oleh pengguna adalah aplikasi lifestyle (20,26%), buku (18,52%), dan aplikasi untuk produktivitas (11,80%). Sementara itu, tiga jenis game baru yang paling banyak diunduh adalah casual game dan puzzle (22,56%), game anak-anak (13,26%), serta game kartu dan kasino (12,26%).
  • Bisa disimpulkan, kebanyakan pengguna malas memperbarui aplikasinya. Sebanyak 53,27% pengguna hanya memperbarui satu aplikasi dalam sehari, dan jika dirata-rata, pengguna hanya memperbarui 0-1 aplikasi setiap harinya. Aplikasi yang paling banyak diperbarui adalah aplikasi social media (37,78%), diikuti dengan aplikasi tools (19,98%) dan game (13,54%). Dari riset ini, MoboMarket juga menemukan bahwa kebanyakan pengguna memasang 3 hingga 4 aplikasi sosial dalam smartphone mereka. Jumlah ini masih sama jika dibandingkan dengan Q4/2014.

Melalui laporan ini, kami ingin memberikan gambaran mengenai aktivitas dan kebiasaan para pengguna smartphone di Indonesia, ujar Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia.
Kami merilis laporan mengenai tren penggunaan smartphone Android ini sejalan dengan komitmen kami untuk turut mengembangkan ekosistem mobile internet di Indonesia. Kami berharap hasil riset MoboMarket ini dapat memberikan wawasan mengenai tren terkini di pasar mobile di Indonesia kepada para pelaku industri mobile internet, terutama bagi para pengembang game dan aplikasi mobile di negeri ini, kata dia lagi. Laporan lengkap Q1/2015 Indonesia Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research dapat diakses di http://bit.ly/1IFG8tM.
Tentang MoboMarket

MoboMarket merupakan pasar aplikasi khusus Android yang dikembangkan oleh Baidu. Bertujuan untuk mengedepankan aplikasi lokal, MoboMarket membuka kesempatan bagi para pengembang aplikasi lokal yang ingin memperkenalkan karya mereka kepada para pengguna perangkat berbasis Android. MoboMarket dapat diakses dan diunduh melalui http://mobomarket.co.id.


Tentang Baidu

Baidu, Inc. adalah perusahaan pengembang mesin pencari terkemuka asal Tiongkok. Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Baidu bertujuan untuk memberikan teknologi terbaik dan bijak bagi para pengguna yang ingin melakukan pencarian informasi apapun melalui Internet. Baidu juga menyediakan platform yang efektif untuk bisnis dalam menjangkau calon pelanggan. Baidu ADS diperdagangkan di NASDAQ dan pasar Global dengan simbol “BIDU”. Saat ini, sepuluh ADS mewakili satu saham kelas A.


Kontak PR:

Restituta Ajeng Arjanti
Media Relations Manager
Baidu Indonesia
(+62) 21-5150538 / 39
restituta.ajeng@baidu.com

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again