OneConnect mengumumkan kemitraannya dengan Bank Mayapada yang berbasis di Indonesia, untuk mengaktifkan orientasi digital melalui rangkaian solusi inovasi yang komprehensif
OneConnect mengumumkan kemitraannya dengan Bank Mayapada yang berbasis di Indonesia, untuk mengaktifkan orientasi digital melalui rangkaian solusi inovasi yang komprehensif
OneConnect Financial Technology Co. Ltd. (OneConnect), penyedia layanan teknologi terkemuka dan rekan dari Ping An Group, hari ini mengumumkan kemitraannya dengan PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk yang berbasis di Indonesia. Salah satu bank swasta yang terbesar di Indonesia dengan lebih dari 216 kantor dan outlet dari seluruh Indonesia, untuk memungkinkan digitalisasi layanan perbankan melalui rangkaian solusi teknologi komprehensif yang dikembangkan oleh OneConnect. Melalui kemitraan ini, Bank Mayapada memiliki tujuan untuk mendigitalkan proses orientasi nasabah sekaligus menghemat biaya dari pengurangan intervensi manual serta waktu yang lebih cepat untuk pendapatan dan percepatan proses orientasi nasabah.
OneConnect telah dipilih untuk kemitraan ini di antara sejumlah penyedia platform lainnya karena keahliannya pada domain dan reputasi yang kuat dalam menyediakan serta mengimplementasikan solusi digital kelas dunia di Kawasan Asia Tenggara. Solusi yang diberikan oleh OneConnect melalui kemitraan ini akan memastikan digitalisasi proses perbankan Bank Mayapada sesuai dengan peraturan perbankan digital Indonesia yang disahkan pada tahun 2018, dan pada saat yang sama memastikan pengalaman perbankan yang lancar namun aman bagi para nasabah bank.
Kemitraan ini akan menjadikan OneConnect sebagai penyedia teknologi electronic know-your-customer (eKYC) kepada Bank Mayapada, ditambah dengan Teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memvalidasi keaslian identitas nasabah. Selain itu, Teknologi OneConnect Face Liveness Detection (FLD) akan diimplementasikan untuk mencegah penipuan. Teknologi ini akan memastikan Bank Mayapada memberikan pengalaman nasabah yang luar biasa dan juga memenuhi persyaratan regulasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Macquarie pada tahun 2021, sebagian besar penduduk di Indonesia pada saat ini tidak memiliki akses yang memadai ke lembaga keuangan formal, dengan 51% penduduk tidak memiliki rekening bank dan 26% tidak memiliki akses yang memadai ke lembaga keuangan[1]. Hal ini merupakan peluang bagi Bank Mayapada untuk memanfaatkan solusi yang disediakan oleh OneConnect untuk mengatasi kesenjangan saat ini, dan pada akhirnya mempercepat inklusi keuangan di Indonesia dengan memberikan akses yang mudah ke lembaga keuangan bagi masyarakat yang belum memiliki rekening bank dan kurang terlayani.
Bpk. Hadiyanto, Kepala perencanaan strategis IT, PT. Bank Mayapada Internasional, Tbk mengatakan, “Kami senang dapat memperkuat perjalanan digital Bank Mayapada dengan teknologi generasi berikutnya bersama dengan OneConnect.”
Bpk. Yao Jing, CEO dan Presiden Direktur, PT OneConnect Financial Technology Indonesia, mengatakan, “Kami merasa terhormat dan bersemangat untuk dapat membawa keahlian domain kami yang kuat beserta solusi teknologi yang mutakhir untuk memberdayakan Bank Mayapada dengan usahanya untuk mendigitalkan layanannya. Jelas sudah bahwa digitalisasi dari proses perbankan sangat penting bagi lembaga keuangan untuk berkembang, semakin terlihat dengan adanya pandemi covid-19 yang sedang berlangsung, kami senang dapat memainkan peran kami dalam membantu Bank Mayapada dalam transformasi digital mereka.