OTT Hadirkan Revolusi Industri Hiburan di Indonesia

OTT Hadirkan Revolusi Industri Hiburan di Indonesia

Pandemi telah mengubah industri hiburan di Indonesia. Di saat jutaan orang Indonesia bekerja dan berada di rumah, konsumsi konten digital semakin meroket. Secara spesifik, konsumen Indonesia lebih cepat mengadopsi layanan TV streaming (yang dikenal juga sebagai over-the-top atau OTT) dibandingkan konsumen di negara lainnya. Layanan OTT memungkinkan penonton untuk melakukan streaming konten video profesional melalui internet sesuai keinginan, dari perangkat apa saja termasuk Smart TV, komputer pribadi, atau perangkat seluler.

Peluang Bagi Pengiklan

Meningkatnya konsumsi OTT di Indonesia memberikan peluang bagi pengiklan untuk menjangkau dan menjalin interaksi yang lebih bermakna dengan audiens di seluruh perjalanan digital mereka. Pengiklan yang cerdas selalu mengikuti tren dan saat ini semua mata sedang tertuju pada platform OTT. Ada lebih dari 66 juta penonton OTT di Indonesia yang rata-rata menyaksikan 3 miliar jam konten OTT setiap bulan. Hal ini merupakan peluang signifikan bagi pengiklan untuk menjadikan OTT sebagai salah satu kanal yang berkembang pesat untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Perlu diperhatikan bahwa kenyataan yang terjadi di Indonesia adalah sangat terbatasnya jumlah orang yang bersedia membayar untuk berlangganan platform OTT. Ini menjadi berita yang baik untuk para pengiklan karena berdasarkan penelitian The Trade Desk dan Kantar, 95% penonton OTT bersedia untuk menonton iklan demi menonton konten secara gratis. Dari jumlah tersebut, 9 dari 10 bersedia menerima dua atau lebih iklan per jam demi konten gratis — menjadikan konsumen Indonesia salah satu yang paling toleran terhadap iklan di Asia Tenggara.

Penerimaan konsumen terhadap model OTT yang didukung iklan ditambah dengan pertumbuhan platform OTT yang mendukung kehadiran iklan, membuka kesempatan yang besar bagi para pengiklan untuk mencapai tujuan kampanye mereka. Saat ini, platform OTT telah menyediakan penempatan iklan yang baru, menggabungkan kualitas konten televisi yang menarik perhatian dengan kemampuan targeting yang sangat tinggi dari saluran digital. Dengan kemampuan The Trade Desk yang berbasis data dan terdepan di industri, pengiklan dapat mengakses pasar inventori premium yang menyediakan berbagai pilihan OTT dan memanfaatkan seluruh potensi dari iklan digital berbasis data.

Keberhasilan kampanye NATUR

Salah satu produk Gondowangi Gondowangi merupakan salah satu dari sedikit merek lokal yang berada di garis depan periklanan digital. Sejak beberapa tahun lalu, Gondowangi telah sepenuhnya mengadopsi iklan digital berbasis data sebagai cara untuk menjangkau dan menjalin interaksi secara efektif dengan audiens mereka. NATUR adalah merek perawatan rambut organik berkualitas dari Gondowangi. Dahulu, NATUR sering dikaitkan dengan generasi yang lebih tua. Dengan semakin banyaknya generasi muda yang meminati penggunaan bahan-bahan alami dalam produk sehari-hari yang mereka gunakan, NATUR Hair Vitamin adalah produk yang ideal untuk generasi muda. Salah satu dari strategi NATUR adalah untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) di kalangan wanita milenial berusia 18 – 34 tahun di Indonesia.

Saat kampanye berlangsung ditengah penerapan PPKM pada Juli – September lalu, NATUR harus mencari cara yang paling efektif untuk menjangkau audiens baru. NATUR melihat peluang beriklan di OTT, sebuah kanal yang terus mengalami peningkatan jumlah penonton karena masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah selama PPKM. Bekerja sama dengan The Trade Desk, NATUR menetapkan bahwa target audiens mereka adalah wanita yang juga sering menonton di OTT. The Trade Desk membantu NATUR untuk mengembangkan rencana pembelanjaan iklan untuk mencapai objektif kampanye.

Selama kampanye ini NATUR mendapatkan wawasan berharga di antaranya:

  • Target audiens NATUR terbukti tidak loyal pada satu platform OTT. Dengan beriklan di berbagai platform, NATUR dapat mencapai efisiensi iklan lebih maksimal
  • Mengelola frekuensi iklan sangat krusial dan akan menghasilkan pengalaman brand (brand experience) yang lebih positif
  • Menyeimbangkan ad experience pada seluruh perangkat merupakan pertimbangan penting

Kampanye ini terbilang sangat sukses untuk NATUR. Bahkan, kampanye ini menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan selama periode kampanye. Di bulan September saja, NATUR mengalami pertumbuhan penjualan 386% dibandingkan paruh pertama 2021.

Menurut Florencia Eka, Country Manager Indonesia, The Trade Desk, “Tahun lalu, kita telah melihat bagaimana pengiklan Indonesia semakin meningkatkan anggaran digital marketingmereka di platform OTT, dikarenakan lonjakan jumlah penonton OTT. Hal penting untuk diingat adalah penonton menyaksikan konten di lebih dari satu platform OTT. The Trade Desk diposisikan secara unik untuk membantu pengiklan mengonsolidasikan anggaran iklan mereka di seluruh platform OTT, yang dapat mengoptimalisasikan anggaran beriklan mereka”

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again