Panasonic Gandeng Anchanto untuk Ekspansi e-commerce di Asia Pasifik
Panasonic Gandeng Anchanto untuk Ekspansi e-commerce di Asia Pasifik
Jakarta, 11 Januari 2021 – PANASONIC, sebuah konglomerasi elektronik multinasional, resmi menjalin
kerja sama dengan perusahaan produk perangkat lunak (SaaS) Anchanto. Kemitraan ini akan
menyederhanakan proses operasional dan memperluas layanan e-commerce Panasonic ke seluruh
kawasan Asia-Pasifik. Dengan memanfaatkan SelluSeller, sebuah sistem pengelolaan pesanan multi
kanal dari Anchanto, Panasonic dapat menjalankan satu sistem terintegrasi yang dapat memantau
penjualan secara real time, mengelola inventaris dengan lebih mudah, dan mengatur informasi produk di
berbagai saluran e-commerce.
Sejalan dengan rencana pertumbuhannya di tahun 2021, Panasonic berupaya mendorong engagement
dengan para pelanggannya melalui strategi ritel multi kanal yang kali ini dikelola dengan mengandalkan
teknologi dari Anchanto. Panasonic juga hendak meningkatkan pengalaman para pelanggan dengan
menghadirkan pengalaman unik di berbagai aspek dan proses transaksi. Sistem SaaS yang diterapkan
ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan operasional, model, dan sistem bisnis Panasonic di seluruh
negara. Dalam jangka panjang, perusahaan membidik 4x pertumbuhan pendapatan.
Panasonic menyadari adanya perubahan besar di industri ritel yang menuntut setiap brand untuk secara
konsisten menjalin hubungan dengan konsumennya. Oleh karena itu, Panasonic kini menerapkan
strategi Direct-to-Consumer (D2C) melalui perbaikan distribusi konten di seluruh saluran e-commerce,
peningkatan strategi pengelolaan promosi dan harga produk, penguatan keamanan dan kemudahan
akses data, serta perbaikan layanan konsumen sebelum dan setelah transaksi. Tim IT Panasonic
mencari partner yang dapat menyajikan pemahaman mendalam tentang industri dan dapat membantu
mempercepat penyelesaian sistem.
Mr. Jiro Nakami, Marketing Director Panasonic Appliance Marketing Asia Pacific, mengatakan,
“Salah satu prasyarat bagi kami di Panasonic adalah mencapai kepuasan pelanggan. Kami mengadopsi
dan mengoptimalkan strategi multi kanal kami tidak sebatas meningkatkan penjualan saja, melainkan
juga meningkatkan engagement pelanggan. E-commerce akan menjadi jendela untuk melihat seluruh
kategori produk kami sebab kami menyadari bahwa pelanggan saat ini sangat gemar menggunakan
teknologi. Dengan adanya pembagian pasar e-commerce di Asia Tenggara, kami membutuhkan solusi
sistem pengelolaan pesanan atau Order Management System (OMS) yang mampu mengintegrasikan
seluruh aspek online dan offline dengan kemampuan skalabilitas dan perluasan yang sudah teruji. Hal ini
yang ditawarkan oleh Anchanto.”
Teknologi SelluSeller milik Anchanto membantu mengidentifikasi masalah yang dihadapi Panasonic dan
mengintegrasikan seluruh sistem penting. Tidak hanya itu, Anchanto membantu Panasonic dalam
menerapkan solusi yang meningkatkan sistem pelacakan pesanan dan pengiriman, pengelolaan
inventaris, pengelolaan penagihan, dan integrasi sistem SAP yang lebih mudah dan cepat.
Mr. Jake Hirose, Managing Director Panasonic Appliances Marketing Asia Pacific, mengatakan
“Kami memiliki infrastruktur dan prioritas yang berbeda di setiap negara. Dengan teknologi Anchanto
yang memudahkan kami dalam memperkuat webstore dan marketplace, kemampuan mereka dalam
mengintegrasikan sistem dengan SAP, serta kehadiran Anchanto di kawasan APAC menjadi faktor
terpenting bagi kami untuk mempercayakan solusi marketplace kami kepada Anchanto. Panasonic kini
telah memasuki dekade baru dengan tujuan bisnis yang semakin besar. Kami ingin menjadi pemain e-
commerce terdepan dengan mengembangkan setiap lini bisnis kami.”
Vaibhav Dabhade, selaku Founder & Chief Executive Officer Anchanto menambahkan, “Kami selalu
berupaya mendampingi perusahaan untuk menjalankan dan mengembangkan e-commerce mereka
dengan menerapkan teknologi yang kuat dan cepat. Kami bangga dapat bermitra dengan Panasonic dan
membantu menerapkan strategi multi kanal jangka panjang miliknya. Kami siap mendukung rencana
besar bisnis digital Panasonic di seluruh target pasarnya.”