Percepat Ekspansi Bisnis, GudangAda Tunjuk Huan Yang sebagai CTO

Percepat Ekspansi Bisnis, GudangAda Tunjuk Huan Yang sebagai CTO

Jakarta, 11 Januari 2021 – GudangAda, perusahaan marketplace B2B online terdepan untuk fast moving
consumer goods (FMCG), hari ini mengumumkan penunjukan Huan Yang sebagai Chief Technology
Officer. Huan Yang akan memiliki peran kunci untuk mendorong visi teknologi GudangAda dalam
mempertahankan reputasinya sebagai pemimpin terdepan di industri e-commerce FMCG di Indonesia.
Perekrutan baru ini diumumkan setelah GudangAda berhasil menggalang dana senilai lebih dari US$ 30
juta, serta mengalami pertumbuhan bisnis hingga sembilan kali lipat, baik dalam jumlah users maupun
Gross Merchandise Value (GMV) di tahun 2020. Saat ini, GudangAda memiliki 300.000 pengguna. Setiap
bulannya, mayoritas users melakukan banyak transaksi dan mencapai GMV bulanan senilai lebih dari
US$ 600 juta.

Penunjukkan Huan Yang merupakan bagian dari strategi penguatan tim senior GudangAda, yang telah
dilakukan sejak awal 2020 dengan banyaknya talent berpengalaman yang berasal dari perusahaan
terkemuka di sektor FMCG, teknologi, dan konsultan yang bergabung dengan GudangAda. GudangAda
berencana membidik seluruh rantai pasokan di industri, dari produsen ke retailer, yang tersebar di
seluruh wilayah Indonesia. Target tahun 2021 adalah mencapai 5x pertumbuhan bisnis dan menjangkau
hingga 1.000.000 users, akan menjadikan GudangAda sebagai perusahaan dengan jaringan distribusi
FMCG untuk B2B terbesar di Indonesia.

Stevensang, CEO Gudang Ada, mengatakan “Kami sangat senang akan kehadiran Huan dan saya
yakin dengan keahlian dan pengalaman globalnya, GudangAda dapat meningkatkan kapabilitas
platformnya sehingga dapat mempercepat pertumbuhan bisnis kedepannya.”

Penunjukan Huan di GudangAda berperan penting dalam merealisasikan rencana ekspansi perusahaan,
meliputi perluasan bisnis secara besar-besaran ke lebih banyak kota di Indonesia, peningkatan layanan
gudang dan logistik, serta rencana penambahan kategori produk baru diluar sektor industri FMCG.

Huan bergabung di GudangAda setelah sebelumnya berkarir di Grab Singapore, di mana dia memimpin
departemen engineering di Singapura, Jakarta, dan Beijing. Tanggung jawab utamanya adalah
mengembangkan solusi pengiriman makanan. Selama 13 tahun berkarir, Huan pernah memegang peran
penting dalam membangun dan menggerakkan tim teknologi di perusahaan teknologi raksasa seperti
Google, Facebook dan Uber. Keterampilan Huan juga didukung oleh perspektif global yang luas karena
pernah bekerja dengan tim global dan ditempatkan di berbagai wilayah seperti Shanghai, London dan
San Fransisco. Pengalaman dan keterampilan Huan akan bermanfaat dalam menyumbangkan perspektif
internasional dan best practice bagi fase pertumbuhan GudangAda berikutnya.

“Kami menyadari besarnya potensi pertumbuhan market di Indonesia yang sangat besar. Pemerintah
juga mendukung dalam memberikan peluang bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam transformasi digital. Didukung dengan CTO baru kami, GudangAda akan memiliki posisi yang kuat untuk
memanfaatkan peluang ini dan melanjutkan misi memberdayakan pedagang tradisional dan keseluruhan
rantai pasokan FMCG,” Stevensang menambahkan.

Huan Yang, Chief Technology Officer Gudang Ada, mengatakan, “Saya sangat bangga dapat
bergabung dengan startup yang sedang bertumbuh sangat cepat dan memiliki rekam jejak yang impresif
seperti GudangAda. Saya terkesan dengan solusi perusahaan bagi pedagang grosir dan retailer di
industri FMCG ini, dan siap berkontribusi meningkatkan solusi teknologi bagi UMKM dan ekosistem
FMCG yang lebih luas.”

“Banyak pelaku bisnis tradisional di Indonesia yang mengalami kendala akibat rendahnya produktivitas,
mahalnya biaya operasional, serta sulitnya mengadopsi teknologi. Menghadirkan solusi teknologi yang
cepat, mudah, dan murah yang bermanfaat bagi seluruh stakeholder di industri merupakan daya tarik
terbesar bagi saya.”

Berdiri pada tahun 2019, GudangAda memberdayakan seluruh pelaku rantai pasokan B2B di sektor
FMCG dengan menyediakan layanan teknologi untuk berbagai kebutuhan, mulai dari transaksi hingga
distribusi. Perusahaan meraih pertumbuhan bisnis yang signifikan sejak pertama kali diluncurkan.
GudangAda telah hadir di lebih dari 500 lokasi di seluruh Indonesia, digunakan oleh lebih dari 300.000
pedagang. GudangAda berencana mempercepat adopsi teknologi di seluruh ekosistem rantai pasokan
FMCG dan akan terus mengembangkan transaksi e-commerce multi kanal di seluruh Indonesia.

Solusi teknologi ini terutama ditujukan untuk membantu UMKM melalui ekosistem layanan yang lengkap
yang ditawarkan GudangAda, mulai dari fitur pencarian sumber produk, pengelolaan transaksi penjualan
dan pembelian, penyediaan transportasi logistik, serta pengelolaan pembayaran.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again