Pesatnya perkembangan teknologi serta tingginya jumlah pengguna ponsel di Indonesia (mencapai 67% dari jumlah populasi) mempengaruhi gaya hidup masyarakat, termasuk preferensi metode donasi untuk pihak yang membutuhkan. Keamanan dan kepraktisan menjadi dua pertimbangan dalam menentukan cara mereka berbagi.

Memahami kebutuhan tersebut, TCASH memberikan solusi untuk memudahkan masyarakat berdonasi dengan cepat, kapanpun dan dimanapun, melalui dua metode utama yaitu kode akses *800# yang bisa digunakan pula oleh pelanggan dengan feature phone; serta Scan QR Code yang telah tersedia di lebih dari 100 Masjid di wilayah Bandung, Jakarta, dan Purwokerto.

Danu Wicaksana, CEO TCASH mengatakan, “Kami melihat budaya berbagi telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Untuk mempermudah donasi sekaligus secara konsisten mendorong terciptanya gaya hidup non-tunai, kami menghadirkan fitur donasi digital TCASH sejak tahun lalu. Hingga kini, ratusan ribu masyarakat telah mempercayakan fitur donasi ini untuk menyalurkan dana mereka kepada yang membutuhkan.”

Kepercayaan masyarakat untuk berdonasi digital melalui TCASH pun didukung dengan kolaborasi strategis yang dilakukan perusahaan. Salah satunya adalah kolaborasi TCASH dengan Rumah Zakat yang telah terjalin secara konsisten sejak 2017. Sebagai lembaga pengelola zakat, infaq, dan sedekah terbesar di Indonesia, Rumah Zakat kini telah menjadi salah satu lembaga tujuan utama pelanggan TCASH dalam berdonasi digital.

Nur Efendi, CEO Rumah Zakat mengatakan, “Rumah Zakat menyadari pentingnya inovasi dan kolaborasi strategis guna mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih banyak berbagi.Melihat tren donasi di Rumah Zakat yang didominasi oleh transaksi online hingga mencapai 70%, maka kami pun secara konsisten melanjutkan kerjasama dengan TCASH melalui fitur donasi digitalnya. Semoga dengan semakin banyak orang yang berbagi, kami dapat membantu lebih banyak masyarakat pra-sejahtera di 191 kota/kabupaten di pelosok Indonesia.”

Berdonasi digital ke Rumah Zakat melalui TCASH sangat mudah, khususnya dengan kehadiran layanan Scan QR Code yang telah mendapat izin resmi BI. Masyarakat hanya perlu memindai QR Code yang tertera pada kotak infaq di Masjid-Masjid tertentu dan menentukan besaran donasi. Selain itu, masyarakat juga memiliki pilihan menggunakan kode akses *800*01# untuk memilih program donasi yang diinginkan, dimulai dari zakat, infaq, qurban, beasiswa, siaga bencana, hingga program insidental kemanusiaan.

Beberapa program donasi yang secara khusus telah dikolaborasikan antara Rumah Zakat dan TCASH diantaranya program infaq qurban, bantuan pangan Suku Asmat, serta inisiatif kotak Superinfaq dengan metode Scan QR Code yang telah tersebar di sekitar 15.000 titik. Menyambut bulan suci Ramadhan, TCASH kembali berkolaborasi untuk mendukung program “Ramadhan Berdaya” milik Rumah Zakat yang difokuskan pada tiga program yaitu Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, dan Bingkisan Lebaran Keluarga melalui fitur donasi Scan QR Code, yang akan dimulai pada pertengahan bulan Mei 2018 ini.

Efendi menambahkan, “Melalui kolaborasi strategis bersama TCASH ini, kami berharap dapat mendorong para penerima bantuan agar lebih berdaya di masa mendatang serta memperluas jangkauan masyarakat pra-sejahtera di wilayah lainnya.”

Lebih lanjut lagi, Danu pun menegaskan komitmen TCASH untuk mendukung misi Rumah Zakat tersebut. “Kami optimis jika fitur donasi digital TCASH dapat menjadi salah satu metode donasi yang potensial bagi Rumah Zakat, khususnya dengan lebih dari 20 juta pelanggan yang kami miliki di seluruh Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan visi TCASH untuk memberdayakan masyarakat di daerah pelosok, melalui dukungan inovasi perkembangan teknologi,” tutup Danu.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.