Teknologi OYO Mampu Tingkatkan Okupansi Hotel Lokal Hingga 90 Persen
Teknologi OYO Mampu Tingkatkan Okupansi Hotel Lokal Hingga 90 Persen
Teknologi menjadi DNA OYO Hotels untuk membantu mitra hotel mereka dalam mengelola operasional bisnis melalui solusi yang bersifat end to end. Melalui adopsi teknologi yang dibangun sendiri oleh OYO Hotels, perusahaan ini mampu membantu para mitranya meningkatkan okupansi kamar hingga 90 persen.
Tak hanya membantu meningkatkan okupansi kamar, teknologi OYO Hotels juga membantu pemilik hotel dalam kegiatan operasional sehari-hari. Dengan teknologi, masalah antrian check-in/check-out ketika peak season bisa dikurangi sehingga meningkatkan kepuasan tamu. Selain itu, teknologi juga bisa mengatasi masalah sehari-hari dalam operasional hotel. Misalnya, ketika tamu ingin meminta layanan tertentu, biasanya hanya ada satu atau dua petugas hotel yang mengetahuinya dan akan diteruskan ke bagian terkait. Dengan teknologi, manajer, pengelola hotel, maupun staf hotel lainnya juga bisa mengetahui sedari awal permintaan tamu melalui satu platform dan menghindari terjadinya miscommunication.
Adanya layanan yang terintegrasi dengan dukungan teknologi juga akan membantu mitra hotel untuk bersaing di industri hospitality di Indonesia. Pasalnya, pada 2017 lalu Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia mencatat ada 290 ribu kamar dari 230 hotel hotel berbintang di Indonesia. Dengan banyaknya pemain di industri ini, pengelola hotel harus mampu menyajikan sesuatu yang berbeda agar tingkat okupansi kamar tetap tinggi, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.
“Sejak beroperasi di Indonesia, kami telah bermitra dengan lebih dari 65 hotel dan tingkat okupansi yang mencapai 75 persen. Aplikasi kami telah membantu 22 ribu proses check-in dan memuaskan 68 persen tamu. Kami juga melihat waktu penyelesaian staf hotel telah berkurang hampir 25 persen ketika menyelesaikan tugasnya seperti membersihkan ruangan hingga layanan kamar,” ujar Country Lead OYO Hotels Indonesia, Rishabh Gupta.
Setiap mitra OYO Hotels mendapatkan akses untuk menggunakan teknologi canggih tersebut, sehingga pengelola maupun manajer hotel bisa mendapatkan kendali penuh dalam operasional sehari-hari, selain juga membantu mengurangi biaya, efisiensi staf, menghemat waktu. “Sejak hari pertama, kami banyak berinvestasi dalam membangun kapabilitas mendalam dan teknologi yang terdiri lebih dari 20 aplikasi yang kami kembangkan sendiri. Kami telah berinvestasi pada sumber daya teknologi dan saat ini memiliki lebih dari 700 engineer secara global,” tambah Rishabh.
Pada dasarnya, ada lima teknologi utama yang ditawarkan OYO Hotels untuk membantu para mitranya dalam menjalankan bisnis perhotelan yakni:
- OYO OS
Sistem operasi yang dikembangkan oleh OYO Hotels ini merupakan masa depan sistem manajemen hotel. Setiap hotel yang tergabung dalam jaringan OYO Hotels, menggunakan sistem operasi ini untuk mendapatkan beragam fitur canggih, termasuk fitur Express Check-In/Check-Out. Penggunaan sistem operasi OYO Hotels juga memungkinkan pengelola hotel melakukan pengadaan barang secara online (online procurement), manajemen inventaris, hingga solusi untuk manajemen hotel seperti pelatihan staf, pengeluaran manajemen, serta review performa maupun insentif bagi para staf hotel. - Sistem Manajemen Properti
Solusi terpadu end to end berbasis aplikasi untuk memantau semua kegiatan harian seperti melihat pemesanan, saluran penjualan, permintaan pelanggan, kinerja housekeeping hingga bagian keuangan - Owner App
Aplikasi untuk pemilik hotel ini cukup mudah digunakan untuk memantau operasional bisnis seperti arus kas, performa bisnis, harga, review pelanggan, dan rekomendasi. Adanya aplikasi ini mengurangi 60 persen pertanyaan dari pemilik hotel. - Krypton App
Aplikasi mobile untuk keperluan audit ini memungkinkan tim audit OYO atau yang biasa disebut “OYO Caption” untuk mengaudit properti dan menjamin pengalaman tamu tetap luar biasa saat menginap di properti jaringan OYO Hotels. - Identifikasi Pola
Teknologi OYO Hotels memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi pola terkait perilaku tamu. Dengan mengetahui pola tersebut, pengelola hotel bisa melakukan antisipasi untuk memenuhi kebutuhan tamu. Hal ini diharapkan bisa mendorong tamu untuk melakukan pemesanan ulang di kunjungan berikutnya karena memiliki pengalaman yang menyenangkan bersama jaringan hotel OYO Hotels.
Melalui beragam solusi berbasis aplikasi dengan dukungan tim yang terus melakukan pemeriksaan untuk menjaga kualitas, OYO Hotels berharap menciptakan dampak signifikan pada kemajuan terhadap industri hospitality Indonesia, mulai dari pemilik hotel, karyawan hotel, dan tamu yang menginap.
“Sebagai perusahaan jaringan hotel berbasis teknologi, kami memiliki tujuan untuk membantu mitra hotel mereka meningkatkan okupansi kamar dan memberdayakan banyak orang melalui lapangan pekerjaan baru. Teknologi juga menjadi landasan utama bagi kami untuk memberikan jaminan kualitas terbaik kepada tamu,” tutup Rishabh.