Tidak Hanya Tentang Hiburan Internet Adalah Sumber Informasi Yang Masif
Tidak Hanya Tentang Hiburan Internet Adalah Sumber Informasi Yang Masif
Pembaruan teknologi yang terus dilakukan dari masa ke masa, sejatinya hadir guna mengakomodir kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Luasnya cakupan pemanfaatan teknologi juga tidak luput menyempurnakan berbagai aktivitas hiburan secara digital. Namun sayangnya distraksi yang disebabkan oleh dunia hiburan digital seperti game online, media sosial, layanan streaming, dan sebagainya, kerap disangkut-pautkan dengan kemunduran aspek akademik banyak pelajar.
Paradigma tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Tetapi hal tersebut kembali lagi ke pribadi masing-masing dari setiap pelajar selaku pengakses internet. Pemahaman pemanfaatan internet tentu menjadi penentu orientasi dari mereka, jika pada dasarnya ada kebutuhan untuk menggali ilmu dan informasi lebih banyak, internet bahkan mampu menyediakan pengetahuan yang tidak didapatkan dari institusi pendidikan formal di Indonesia.
Berbagai platform turut hadir untuk memfasilitasi proses edukasi secara online yang dapat diakses di manapun dan kapanpun. Sebut saja yakni forum online interaktif, blog, media sosial, bahkan penyedia jasa layanan streaming online YouTube.
YouTube sendiri memiliki jutaan video dari berbagai segmen yang dapat disaksikan oleh penggunanya. Video dari segala pembahasan akademik maupun non-akademik tersebar secara gratis dan mudah dibagikan. Dalam platform lain yang lebih unik, hadir yang mewadahi para pelajar untuk melakukan tanya-jawab online secara real time.
Jika Brainly cenderung mempertemukan antar sesama pelajar, merupakan platform penghubung antara siswa dan guru untuk menyelesaikan tugas bersama.
Berbeda dengan platform lain, menawarkan pengalaman e-learning yang mudah diaplikasikan oleh penggunanya dengan memanfaatkan aspek sosial dengan fitur yang dapat diakses secara mobile.
Namun konsistensi arus data yang masuk dalam sebuah proses pembelajaran secara online maupun streaming haruslah diperhatikan. Hal tersebut dilakukan demi mengurangi kemungkinan kesalahan informasi, terlebih jika streaming video secara langsung (live). Terlepas dari aspek kenyamanan, akses yang terlalu lambat jelas menurunkan semangat belajar. Kesalahan sepele tersebut tidak akan terjadi dengan kualitas dan stabilitas akses internet yang Anda miliki.
Solusi yang juga telah ditawarkan , nyatanya mendukung penuh proses jalannya kegiatan belajar-mengajar melalui streaming video dengan menghadirkan akses internet cepat di rumah Anda. Sebagai penyedia jasa internet Broadband Wireless Home Networking kenamaan, peran serta First Media untuk memfasilitasi kebutuhan internet masyarakat sehari-hari tentunya patut dihargai.
Demi tercapainya distribusi internet yang lebih merata, pada bulan Februari silam meluncurkan layanan Triple Play First Media yaitu HomeCable, FastNet dan Bolt. Dengan begitu, kebutuhan hiburan dan pembelajaran secara online dapat diperkenalkan dan diimplementasikan dengan lebih luas.
Ekosistem e-learning sendiri sejujurnya masih terbilang baru di Indonesia, tetapi geliatnya menunjukkan prospek yang menjanjikan. Belum lama ini, pemerhati Teknologi Informasi Onno W. Purbo juga aktif memberi kuliah IT online melalui . Melanjuti semangat tersebut, Mantan Wapres Indonesia dari enam institusi besar Indonesia. Jika Anda memperhatikan, Joko Widodo sebagai presiden terpilih RI sempat menjanjikan pemahaman teknologi yang lebih komprehensif akan diberikan untuk para pelajar di tingkat awal pendidikannya, hal tersebut dipastikan akan mendorong pemerataan infrastruktur teknologi guna menopang hadirnya internet yang lebih berkualitas di seluruh Indonesia, sejalan dengan apa yang coba diupayakan oleh .
[Ilustrasi: ]