Tingkatkan Kemampuan Berwirausaha Bagi UMKM Lokal, Bukalapak dan Facebook Gelar Pelatihan Komunitas Digital
Tingkatkan Kemampuan Berwirausaha Bagi UMKM Lokal, Bukalapak dan Facebook Gelar Pelatihan Komunitas Digital
Bukalapak dan Facebook mengadakan program pelatihan untuk para pelaku UMKM yang bertajuk Facebook Community Manager Certification Programme. Program pelatihan ini digelar bagi sejumlah pelapak di Bukalapak dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi manajemen komunitas berbasis online terutama melalui platform Facebook Group. Dengan kesamaan misi Bukalapak dan Facebook dalam memberikan dampak positif terhadap perkembangan pelaku usaha kecil dan menengah serta memberdayakan UMKM di Indonesia, program pelatihan ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku usaha dalam mengembangkan keterampilan mengelola bisnisnya.
Facebook Community Manager Certification Programme adalah sebuah inisiatif dari Facebook yang tidak hanya ditujukan bagi pelaku UMKM, namun juga bagi para pemimpin komunitas, baik yang ada di organisasi non-pemerintahan dan non-profil. Program ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan para peserta dalam memberdayakan dan menghubungkan komunitas online agar semakin diakui dan tervalidasi sebagai pengelola komunitas dari Facebook.
Sebanyak kurang lebih 200 Ranger atau local leaders Komunitas Bukalapak yang aktif di berbagai kota di seluruh Indonesia berkesempatan mengikuti program pelatihan ini pada 9 April 2021. Setelah mengikuti program pelatihan ini, para Ranger terpilih dapat mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi sebagai Facebook Community Manager secara gratis.
“Meskipun kita masih di dalam situasi pandemi, Bukalapak terus berupaya membantu para pelaku UMKM lokal agar dapat menjaga ketahanan bisnisnya, salah satunya melalui program-program edukasi dan pemberdayaan agar mereka bisa terus berkembang dalam menjalankan usahanya. Semoga setelah mengikuti program pelatihan ini, para pelapak dapat juga menjadi perpanjangan tangan dari Bukalapak dalam mengatur dinamika di komunitas kotanya masing-masing dengan baik”, ujar Ian Agisti Dewi Rani, Merchant Community & Engagement Lead Bukalapak.
“Memberikan kemampuan bagi orang-orang untuk membangun komunitas adalah misi penting kami di Facebook. Di Indonesia, Facebook hadir untuk mendukung komunitas dan bisnis di Indonesia baik besar maupun kecil untuk menggunakan teknologi digital dan memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi masyarakat, salah satunya dengan memberikan program Facebook Community Manager Certification. Melalui program ini, kami berharap para pelapak di Bukalapak bisa mendapatkan keahlian untuk membangun dan mempertahankan komunitas, memperluas koneksi serta mencapai tujuan komunitas”, Grace Clapham, Director of Community Partnerships Facebook menuturkan.