Tokopedia Ungkap 5 Kategori Paling Populer di Akhir Tahun

Tokopedia Ungkap 5 Kategori Paling Populer di Akhir Tahun

Indonesia, 28 Desember 2020 – Selama pandemi, platform teknologi seperti Tokopedia semakin
menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian hingga berbisnis. Terlihat dari
pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan Tokopedia yang saat ini mencapai lebih dari 100 juta,
meningkat lebih dari 10 juta jika dibandingkan sebelum pandemi.

Jumlah penjual pun meningkat. “Kini ada lebih dari 9,9 juta penjual di Tokopedia yang hampir
100%nya UMKM. Artinya, ada kenaikan sebesar lebih dari 2,7 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum
pandemi Januari lalu,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra
Wijaya.

Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan,
Perawatan Hewan, Buku dan Pertukangan menjadi lima kategori dengan peningkatan transaksi
paling tinggi menjelang akhir tahun ini.

1. Makanan dan Minuman – Transaksi kategori Makanan dan Minuman meningkat lebih dari 3x
lipat menjelang akhir tahun. Produk sembako lokal seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal,
keripik dan beras menjadi produk paling dicari masyarakat belakangan ini.

2. Kesehatan – Kategori Kesehatan juga meningkat lebih dari 3x lipat. Masker tetap menjadi
produk yang paling diburu masyarakat.

3. Perawatan Hewan – Memelihara hewan ternyata menjadi hobi yang semakin naik daun. Ini
mendorong peningkatan transaksi pada kategori Perawatan Hewan di Tokopedia menjadi lebih
dari 3x lipat. Aquarium, makanan kucing, ikan dan anjing menjadi produk paling laris.

4. Buku – Selain memelihara hewan, membaca pun semakin diminati selama pandemi. Terlihat dari
peningkatan transaksi pada kategori Buku di Tokopedia sebesar hampir 2,5x lipat. Buku
pengembangan diri, karir, anak, novel non-fiksi hingga religi menjadi produk yang paling populer.

5. Pertukangan – Tingginya aktivitas di rumah mendorong masyarakat merenovasi rumah. Terlihat
dari peningkatan transaksi kategori Pertukangan yang mencapai lebih dari 2,5x lipat. Kertas
dinding, pompa angin, serta perlengkapan listrik seperti adaptor dan stop kontak merupakan
produk yang paling diminati.

“Tokopedia ke depannya akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu
masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi, terutama di tengah
pandemi. Caranya dengan terus berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi
terbaik yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat,” tutup Ekhel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again