7 January 2015

by Bambang Winarso

Asus ZenFone Zoom Tampil Mentereng Dengan Amunisi 3X Optical Zoom

Tak cukup hanya dengan satu perangkat, di ajang CES 2015 Asus juga memberikan 'bocoran; jagoan baru lainnya, yakni Asus ZenFone Zoom. Perangkat smartphone yang mengedepankan fitur kamera namun tetap dengan body yang ramping.

Sebelumnya Asus juga sudah memperkenalkan varian terbaru dari keluarga ZenFone yaitu Asus Zenfone 2 yang dinobatkan sebagai smartphone pertama berbekal RAM 4GB. Menempatkan Asus sebagai vendor yang patut diperhitungkan di tahun 2015 ini.

 

Info Menarik: Wow! Smartphone Terbaru ‘Asus ZenFone 2’ Menawarkan RAM 4GB dan Kamera 13MP

 

Dengan strategi yang sudah terbukti, tambahan amunisi smartphone kamera Asus ZenFone Zoom dapat membuat posisi Asus makin baik di kancah persaingan segmen smartphone. Tapi, tak bonafid rasanya jika kita tidak mengulas spesifikasi yang dibawa oleh Asus ZenFone Zoom.

Secara umum spesifikasi Asus ZenFone Zoom hampir sama dengan ZenFone 2 di antaranya layar sebesar 5,5 inci, teknologi IPS tentunya, 400nits brightness, resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dan disempurnakan dengan Corning Gorilla Glass 3.

Asus ZenFone Zoom juga disertai dengan ASUS ZenUI yang berbasiskan sistem operasi Android 5.0 Lollipop, baterai 3000mAh, dan juga beberapa fitur sambungan seperti GPS / A-GPS / GLONASS, Wireless 802.11ac, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0, audio jack 3.5mm, micro USB (mendukung OTG), micro SIM dan tentu saja teknologi 4G LTE.

Tapi persamaan keduanya berhenti sampai di situ, sebab Asus ZenFone Zoom memisahkan diri dimulai dari komponen kamera.

 

Info Menarik: Lenovo Tambahkan Vibe X2 Pro Spesialis Selfie dan P90 Dalam Jajaran Handset Mereka

 

Kamera depan tersaji dengan apik di antaranya sensor 5MP, f/2.0-aperture, sudut lensa lebar 88 derajat serta lensa Selfie Panorama yang menjanjikan hasil jepretan selfie lebih ciamik.

Amunisi yang paling dibanggakan di Asus ZenFone Zoom terletak di komponen kamera belakang dimana selain membawa sensor 13MP dan f/2.7- to 4.8-aperture, kamera dipersenjatai oleh 10 elemen lensa dengan 3x optical zoom. Makin gahar dengan tambahan optical image stabilization (OIS), laser auto-focus dan dual-color Real Tone flash.

Terakhir kali kita melihat smartphone dengan kemampuan optical zoom seperti ini di Samsung Galaxy K Zoom dan Galaxy S4 Zoom. Hanya saja Asus mengklaim jagoannya ini adalah yang paling tipis dari perangkat sejenis yang pernah ada, yakni hanya 11,95 mm.

Tak heran bila kemudian sebagian orang beranggapan bahwa Asus ZenFone Zoom dibuat untuk menjegal Samsung yang kebetulan sedang kepayahan.

Sayangnya beberapa detail belum dapat kita ulas, antara lain komponen prosesor, RAM dan juga pilihan kapasitas memori internal. Dilansir oleh Endgadget, Asus ZenFone Zoom akan dilepas dengan banderol mulai $399 dan akan hadir Q2 tahun 2015.

Sumber berita Asus.