Blibli Tambah Katalog Khusus Produk Harian "BlibliMart"
Juga rilis layanan tiket pesawat rute internasional dengan total 18 ribu rute, hasil integrasi dengan Tiket.com
Situs e-commerce Blibli memanfaatkan momentum bulan Ramadan dan libur Lebaran dengan merilis katalog produk khusus kebutuhan sehari-hari "BlibliMart". Katalog ini diklaim lebih lengkap karena sudah dikurasi dan memiliki SKU mulai dari kebutuhan anak, makanan dan minuman, produk grosir, perawatan tubuh hingga kuliner.
Tak hanya itu, Blibli juga melengkapi produk Blibli Travel dengan merilis rute penerbangan internasional sebagai hasil integrasi antara perusahaan dengan anak usahanya Tiket.com. Blibli kini memiliki total rute sebanyak 18 ribu, dengan 3.500 rute di antaranya adalah perjalanan domestik.
"Mudah-mudahan transaksi penjualan pada bulan Ramadan kali ini bisa meningkat hingga 4x lipat dari tahun sebelumnya naik 2x lipat saja," terang SVP of Marketing Blibli I Gusti Ayu Fadjar tanpa menyebutkan detil jumlah transaksinya, Senin (9/4).
Dia menuturkan, BlibliMart diluncurkan sebagai produk permanen karena berdasarkan hasil riset yang dilakukan perusahaan saat ini terjadi perubahan gaya hidup. Online shopping sudah menjadi salah satu alternatif pilihan belanja. Sementara mayoritas shopper online adalah perempuan dengan groceries sebagai salah satu produk yang paling dicari.
"Hal ini menginspirasi kami untuk menjawab kebutuhan mereka melalui kehadiran BlibliMart. Selain itu, secara psikologis BlibliMart menawarkan solusi sekaligus kenyamanan pelanggan dalam berbelanja, mereka tidak perlu bermacet di jalan, susah cari parkir, dan antre panjang."
Untuk dorong transaksi, selain mengandalkan promosi bebas ongkos kirim dan pengiriman dalam hari yang sama, Blibli memanfaatkan konten video hasil kerja sama dengan Endeus TV, konten kreator khusus resep masakan. Dari video tersebut, pengguna akan mendapat referensi resep makanan, bahan-bahan yang diperlukan, dan bisa langsung memasukkannya ke keranjang belanja.
"Video bisa dilihat dari BlibliMart dan bahan-bahan makannya sudah tersedia tinggal di masukkan ke keranjang. Setiap produk yang kami hadirkan juga bekerja sama dengan UKM."
Integrasi inventory dengan Tiket
Ayu melanjutkan sejak Blibli meluncurkan fitur tiket pesawat domestik tahun lalu, diklaim penjualan tiket pesawat terus merangkak naik. Pada kuartal pertama tahun ini, lonjakan permintaan produk Travel naik sebesar 3x lipat dibandingkan kuartal sebelumnya.
"Kehadiran fitur ini sekaligus melengkapi layanan Travel di Blibli setelah sebelumnya ada fitur layanan pembelian tiket kereta api, tiket wahana kreasi, hotel, dan tiket pesawat domestik."
Menurut Ayu, pengalaman membeli tiket, baik di Blibli maupun Tiket tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah segmentasi Blibli yang kini ingin menyasar konsumen dari berbagai kelas ekonomi. Sebelumnya Blibli memiliki profil konsumen yang berasal dari kalangan menengah hingga ke atas, sementara Tiket lebih ke arah menengah hingga ke bawah.
"Kami ingin menyasar semua kelas ekonomi masyarakat dengan menjadi one stop experience untuk para pelanggan saat mencari produk yang dibutuhkan."