Gilkor: Informasi Diskon di Genggaman
Sekarang hadir Gilkor yang kembali membantu Anda mencari penawaran-penawaran diskon melalui berbagai provider kartu kredit. Gilkor versi web sudah hadir sejak awal tahun, tapi mereka baru-baru ini telah melansir aplikasi BlackBerry dan Android. Kebutuhan ponsel untuk kedua platform sangat moderat, karena toh aplikasinya hanya berbasiskan teks dan gambar.
Kedua aplikasi masih berada di versi 0.9.x, artinya meskipun sudah fungsional nampaknya mereka masih mempersiapkan versi finalnya. Tidak ada informasi apakah aplikasi ini bakal ada di platform iOS atau tidak. Meskipun tidak tahu arti kata Gilkor, tapi saya pikir nama Gilkor sendiri berasal dari singkatan "gila korting".
Gilkor memiliki dua alternatif pendaftaran, mengisi form registrasi yang sudah ada atau mengkoneksikannya dengan akun Facebook yang Anda miliki. Satu hal yang cukup "mengganggu" adalah Anda hanya bisa memilih satu jenis kartu kredit saja untuk kepemilikan. Kenyataannya saya yakin kebanyakan dari Anda memiliki lebih dari dua kartu kredit dan menginginkan semuanya tampil di tab "Mine". Ini mungkin bisa jadi saran pengembangan di masa datang.
Aplikasinya saya akui cukup fungsional dan memiliki desain yang rapi. Kombinasi warna kuning dan hitamnya mengingatkan saya akan desain infolalulintas. Informasi yang diberikan oleh Gilkor komprehensif, mencakup bisa jadi semua jenis kartu kredit yang ada di Indonesia -- tak hanya dipilah berdasarkan bank penyedia saja, tapi sampai ke jenis-jenis kartunya, jika ada. Selain itu informasi promosi berdasarkan lokasi (nearby) efektif memberikan info dengan radius tertentu.
Selain informasi promo kartu kredit, Gilkor juga mengakomodasi fitur-fitur sosial. Anda bisa memberi komentar terhadap suatu promo. Selain itu ada pula fitur pertemanan yang disediakan oleh Gilkor, tapi sejujurnya menurut saya tidak terlalu berguna -- jauh lebih berguna fitur Share yang sudah ada dan dapat membagikan informasi promo ke Facebook dan Twitter.
Secara keseluruhan, aplikasi ini efektif. Hanya saja, dibayangi dengan tutupnya layanan Jagoan yang memiliki proses bisnis serupa, saya berharap Gilkor dapat bertahan. Apalagi karena informasi yang disajikan merupakan promo kartu kredit, seharusnya adalah celah peluang monetisasi di sini, misalnya featured promo dengan fee tertentu. Dengan semakin banyaknya pengguna Gilkor, tentunya peluang monetisasi akan semakin besar.