1. Startup

HeloFranchise Sajikan Informasi Mengenai Bisnis Waralaba

Bertekad menjadi media penghubung pemilik waralaba dengan masyarakat yang ingin membuka bisnis waralaba

Adopsi bisnis digital di Indonesia dalam dua tahun belakangan memang meningkat. Banyak ide-ide baru yang dieksekusi dengan sentuhan digital. Salah satu yang mencoba peruntungannya di tahun ini adalah HeloFranchise. Situs ini mencoba memberikan informasi seputar waralaba mulai dari berita, wawancara, hingga informasi mengenai peluang bergabung dengan waralaba. Poin terakhir tersebut yang nantinya akan menjadi celah untuk pendapatan pihak HeloFranchise.

Salah satu pendiri HeloFranchise, Vincent, kepada DailySocial menceritakan bahwa bisnis yang dirintisnya bersama kawannya ini merupakan bisnis ke sekian yang dijalankan oleh Vincent. Tema waralaba dipilih karena latar belakang para pendiri yang memiliki pengalaman di sektor waralaba dalam beberapa tahun terakhir. Mengawali kiprahnya pada awal Maret tahun ini HeloFranchise sudah memiliki tim sendiri untuk operasional mereka sehari-hari.

“Model bisnis yang ada di HeloFranchise saat ini adalah memberikan informasi terlengkap dan akurat seputar franchise kepada masyarakat. HeloFranchise sendiri saat ini sedang mempersiapkan model bisnis periklanan dan point secara sistematis melalui dashboard para pemilik franchise,” terang Vincent.

Lebih lanjut Vincent menjelaskan model bisnis tersebut akan menggunakan model bisnis afiliasi untuk meningkatkan eksistensi HeloFranchise dan memberikan keuntungan kepada pemilik waralaba dalam beriklan. Vincent juga menjelaskan pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk melakukan monetisasi melalui iklan.

HeloFranchise, yang sejauh ini sudah memiliki 20 daftar waralaba (informasi detil) dan lebih dari 200 katalog (informasi umum) waralaba, mencoba memposisikan diri sebagai portal yang menyajikan informasi mengenai waralaba sekaligus menjadi media penghubung antara mereka yang ingin membuka bisnis waralaba dengan mereka yang memiliki bisnis waralaba.

“Strategi HeloFranchise dalam waktu dekat adalah meluncurkan aplikasi Android  bagi para franchise untuk mendapatkan update terbaru terkait seputar franchise. Selain itu, akan ada strategi untuk monetize dengan menyiapkan beberapa slot iklan untuk franchise dengan cara menghubungi pihak franchise. Dalam beberapa waktu ke depan sampai akhir tahun akan disiapkan sistem point dan perikalan di dalam HeloFranchise secara sistem sehingga para pemilik franchise dapat beriklan dengan budget yang mereka tentukan dan bisa diatur melalui halaman dashboard mereka,” tutup Vincent.