Kembangkan Analisis Sentimen Percakapan di Media Sosial, Ivosights Jalin Kerja Sama dengan LIPI
Saling membantu dalam hal pengolahan data dan teknologi, memahami celotehan warganet (netizen) lebih dalam
Untuk menganalisis percakapan netizen di media sosial, Ivosights, startup yang menawarkan solusi end-to-end dan mitigasi untuk mendukung kesuksesan perusahaan menjangkau lebih banyak pelanggan, mengumumkan kerja sama strategis dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kerja sama strategis ini, dalam setahun ke depan, menurut CEO dan Co-founder Ivosights Elga Yulwardian, nantinya tidak hanya menguntungkan bagi Ivosights namun juga untuk LIPI.
Kepada DailySocial, Elga mengungkapkan LIPI memiliki potensi besar untuk dapat mendukung startup lainnya di Indonesia. LIPI pun mendapat keuntungan insights market needs sekaligus sharing data dan resources.
"LIPI ternyata memiliki banyak riset menarik yang sangat relevan dengan produk dan platform dari Ivosights. Salah satunya adalah sentiment analysis (digital monitoring/listening tool) dan voice to text. Dengan tenaga ahli dan fasilitas yang sangat baik, kami yakin bisa bersinergi untuk sharing effort dan resources dalam penelitian yang sama," kata Elga.
Kerja sama ini diklaim merupakan yang pertama kali di Indonesia, dalam hal penelitian dan pengembangan analisis sentimen. Nantinya LIPI bersama Ivosights berupaya untuk memahami dan menganalisis data percakapan di media sosial lebih dalam lagi.
Mengukur Sentimen negatif dan opini publik
Makin masifnya pengguna media sosial untuk mengajukan keluhan, opini terbuka menyulitkan perusahaan untuk bisa mengontrol komentar negatif tersebut. Bagi perusahaan, data tersebut merupakan sumber informasi penting untuk mengetahui tanggapan masyarakat atas merek produk, dan layanan mereka. Begitu juga bagi partai politik atau politikus yang ingin mengukur tingkat popularitas mereka. Tetapi, mengukur suatu sentimen atas percakapan di media sosial bukanlah hal mudah.
Bahasa yang digunakan di media sosial umumnya bukan bahasa formal. Hal tersebut yang memerlukan suatu analisis agar opini media sosial itu dapat diartikan, dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
“Opini mining atau sentimen analysis adalah riset komputasional atas opini, sentimen dan emosi yang diekspresikan secara tekstual,” jelas Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI Dr. Yan Riyanto.
Sebagai perusahaan yang memiliki produk terintegrasi melalui tiga platform andalan yaitu Ripple10, Sociomile, dan Sociomation, kolaborasi ini diharapkan bisa meningkatkan teknologi yang telah dimiliki Ivosights.
"Jadi targetnya kami bisa meningkatkan kapabilitas akurasi sentimen salah satu platform kami, yaitu Ripple10, melalui kerja sama ini," tutup Elga.