1. DScovery

Hashtag: Pengertian, Fungsi dan Cara Memanfaatkannya

Hashtag biasa ditandai dengan simbol tagar di bagian depannya.

Pastinya kamu sudah tidak asing dengan hashtag, bukan? Di media sosial, hashtag adalah simbol tagar ‘#’ yang berfungsi sebagai bentuk penanda postingan yang saling berkaitan dalam satu topik.

Dalam dunia bisnis, hashtag memiliki fungsi yang lebih luas. Pasalnya, selain berfungsi untuk mengaitkan konteks antar postingan, hashtag juga memiliki fungsi untuk membangun suatu brand agar dikenal lebih luas oleh target audiensnya.

Lantas, apa saja fungsi hashtag secara lebih lengkapnya dan bagaimana cara memanfaatkannya? Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Apa Itu Hashtag?

Dikutip dari laman Hubspot, hashtag adalah suatu frasa kata kunci yang dieja tanpa menggunakan spasi, dengan tanda tagar di bagian depannya. Cara kerjana, hashtag akan menyatukan semua percakapan dari berbagai pengguna yang berbeda dengan hashtag yang sama.

Untuk menemukan hasilnya, kamu bisa melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci atau hashtag yang digunakan pada kolom pencarian. Oleh sebab itu, agar postinganmu mudah ditemukan dengan hashtag, postinganmu harus bersifat publik.

Fungsi Hashtag

Pada dasarnya, hashtag memiliki tujuan sebagai penanda postingan agar mudah ditemukan dalam satu topik. Berikut adalah beberapa fungsi hashtag yang telah dilansir dari laman Hootsuite.

1. Meningkatkan Engagement dengan Followers

Salah satu fungsi utama hashtag adalah untuk meningkatkan engagement. Pasalnya, setiap postingan yang mencantumkan hashtag akan membuat postinganmu menjadi lebih terlihat.

Semakin banyak orang yang melihat postinganmu, semakin besar juga angka keterlibatannya. Hal ini akan mengarahkan pada jumlah engagement yang ikut meningkat, dengan jumlah like, share, komentar dan followers baru yang ikut naik.

2. Membangun Sebuah Brand

Hastag juga dinilai sebagai cara yang paling efektif untuk mempromosikan bisnis dalam membangun sebuah brand. Pasalnya, hashtag akan membantu brand-mu menjadi semakin dikenal oleh orang.

3. Membantu Pengguna Baru dalam Menemukan Brand

Dengan hashtag, pengguna baru akan lebih mudah untuk menemukan brand-mu. Untuk mengoptimalkannya, kamu bisa menggunakan beberapa hashtag yang populer agar brand-mu semakin luas dalam menjangkau target audiens.

4. Menambahkan Konteks pada Post Media Sosial

Hashtag juga dapat membantu mengkontekstualisasikan topik yang dibahas dengan mengelompokkan beberapa postingan pada konteks yang sama. Tujuannya, untuk memudahkan pembaca jika ingin membaca postingan dengan topik yang sama.

5.Menunjukkan Dukungan untuk Masalah Sosial

Hashtag sering kali dijadikan sebagai alat untuk menunjukkan dukungan terhadap sebuah isu atau masalah sosial yang sedang ramai menjadi perbincangan.

Cara Memanfaatkan Hashtag

Agar hashtag dapat memberikan manfaat secara maksimal, kamu perlu mengoptimalkannya dengan baik. Berikut adalah beberapa cara memanfaatkan hashtag secara optimal yang bisa kamu terapkan.

1. Lakukan Analisis pada Hashtag yang Berhasil

Agar manfaat hashtag lebih optimal, kamu bisa melakukan analisis pada hashtag yang sudah digunakan pada postingan sebelumnya. Apabila kamu melihat beberapa postingan populer tersebut menggunakan hashtag yang sama, pastikan kamu juga menggunakannya kembali di postingan berikutnya.

2. Gunakan Hashtag yang Relevan

Salah satu cara agar hashtag yang digunakan lebih efektif adalah dengan memastikan bahwa hashtag yang digunakan sudah relevan dengan postingan yang ingin diunggah. Dengan hashtag yang relevan, orang lain akan lebih mudah menemukan postinganmu sesuai dengan konteks yang mereka inginkan.

3. Sesuaikan Jumlah Hashtag

Penggunaan jumlah hashtag kerap dianggap sepele, padahal hal ini sebenarnya cukup penting untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu perlu menyesuaikan jumlah hashtag pada tiap postingan agar tidak berlebihan.

4. Gunakan Branded Hashtag

Branded hashtag adalah hashtag yang dibuat secara khusus untuk merepresentasikan sebuah bisnis. Agar manfaat hashtag bisa kamu peroleh secara maksimal, gunakan branded hashtag untuk mempromosikan bisnismu.

5. Cantumkan Hashtag di Profil Akun Media Sosial

More Coverage:

Mencantumkan hashtag di profil akun media juga dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness. Pasalnya, hal ini dapat memantik rasa penasaran orang lain untuk mengklik hashtag tersebut untuk melihat postinganmu.

6. Sesuakan dengan Tren Terkini

Mengikuti tren terkini juga dapat menjadi salah satu kunci utama dalam menggunakan hashtag. Jika hashtag yang kamu gunakan sedang masuk dalam trending topic, maka peluang orang-orang untuk melihat postinganmu juga akan semakin besar.

7. Post pada Waktu yang Tepat

Terakhir, penentuan waktu posting juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebelum memposting sesuatu, kamu perlu mempertimbangkan tingginya engagement rate dan kecepatan postingan tersebut dalam memperolehnya.

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai hashtag yang telah dirangkum untukmu. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa selain berguna untuk memudahkan audiens untuk menemukan postinganmu, hashtag juga memiliki fungsi penting untuk meningkatkan engagement yang kamu miliki.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again