1. DScovery

10 Cara Menghasilkan Uang dari Instagram, Tanpa Modal dan Terbaik

Daripada menghabiskan banyak waktu hanya untuk scrolling Instagram sambil rebahan, main Instagram sambil ngumpulin uang patut kamu coba.

Di era kemajuan teknologi sekarang ini, media sosial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir setiap hari kita menjumpai berbagai macam konten di jejaring sosial, salah satunya adalah Instagram.

Dengan Instagram, kamu tidak hanya bisa berbagi foto atau video, tapi juga bisa dijadikan jembatan untuk mendapatkan uang. Namun, banyak orang masih bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang dari Instagram. 

Menjadi Influencer atau Selebgram

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjadi influencer atau selebgram (selebriti Instagram). Menjadi seorang influencer atau selebgram memang tidak mudah karena dibutuhkan konsistensi yang tinggi untuk membangun personal branding di Instagram.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menjadi influencer atau selebritas adalah memilih niche yang kamu inginkan dan lihat apakah kamu dapat mempertahankannya untuk waktu yang lama. Baik itu kecantikan, pendidikan, komedi, musik, parenting, fashion, kesehatan mental atau bidang lainnya. 

Jangan lupa untuk bermitra dengan influencer atau selebriti lainnya untuk membuat konten yang terkait dengan industri kamu. 

Menjadi Content Creator

Content creator berbeda dari influencer dan selebgram. Influencer atau selebgram adalah orang yang membangun reputasi kemudian menggunakan reputasi tersebut untuk menghasilkan uang dari Instagram.

Content creator sekarang adalah orang-orang yang menggunakan akun Instagram mereka untuk memamerkan karya mereka. Karena itu, karir seorang content creator membutuhkan konsistensi dan kreativitas tingkat tinggi.

Jika konten kamu terkenal, kamu bisa membuka "open commision" dan biasanya brand tertarik untuk memesan konten bersponsor. 

Bergabunglah dengan Program Afiliasi

Affiliate program adalah program yang kamu dapat reward apabila mengajak orang lain membeli produk dari pihak tertentu.

Berpartisipasi dalam program ini berarti kamu harus berafiliasi dengan perusahaan dan produk tertentu. Beginilah cara kamu memasarkan produknya di platform Instagram. Biasanya, perusahaan atau produk yang bekerja sama menawarkan link atau diskon khusus yang dapat dimanfaatkan oleh pengikut. Jika pengikut kamu menggunakan kode diskon atau link, maka kamu akan menerima uang. 

Menjadi Reviewer Produk

Apa yang kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli? Kamu mungkin akan mencari review orang lain atau review produk terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak salah membeli produk.

Menariknya, 97% orang menjawab sama dengan kamu. Artinya review produk dapat mempengaruhi keputusan pembelian seseorang. Dengan cara ini, menjadi reviewer produk bisa menjadi cara menghasilkan uang di Instagram.

Bagaimana caranya? Yang harus kamu lakukan adalah menilai produk yang kamu sukai. Jika kamu melakukannya dengan baik, maka perusahaan produksi berpeluang besar bersedia membayar mu.

Paid Promote

Pengguna juga bisa membuka layanan paid promote untuk mendapatkan uang dari Instagram. Dengan cara ini, pengguna Instagram menyadari layanan iklan berbayar menggunakan fungsi Instagram Story atau Instagram Feed.

Materi promosi juga dapat diperoleh dari perusahaan yang menggunakan layanan ini. Saat ini banyak pengusaha atau UKM yang menggunakan layanan ini karena harga promosi yang dibayarkan relatif lebih murah. 

Jual Barang Preloved

Pernahkah kamu membeli pakaian dan tidak pernah memakainya? Nah, daripada menyimpannya, kamu bisa menjual kembali produk tersebut.

Menjual produk populer adalah cara menghasilkan uang di Instagram tanpa modal yang sedang tren saat ini. Bahkan, selebriti seperti Ashanty, Eva Celia, dan Luna Maya juga pernah melakukannya. 

Membangun Komunitas

Tahun ini, Instagram memperkenalkan fitur baru, langganan atau subscriptions, yang memungkinkan semua content creator menghasilkan pendapatan bulanan.

Cara menghasilkan uang di Instagram dengan langganan yaitu pelanggan membayar bulanan untuk menonton konten eksklusif dari pembuat. Mereka juga menerima lencana pelanggan di samping nama mereka.

Kamu dapat membuat cerita eksklusif, siaran langsung, postingan, dan gulungan untuk pengikut yang berlangganan.  

Menyediakan Layanan Admin Instagram

Akun Instagram bisnis membutuhkan manajemen yang serius. Masalahnya banyak yang tidak bisa melakukannya. Nah, ini akan menjadi peluang bagi kamu untuk menjadi admin Instagram.

More Coverage:

Dengan keahlian mu itu, kamu dapat menawarkan layanan admin Instagram kepada pemasar yang membutuhkannya. Karena biasanya pemilik bisnis menjadi administrator sistem dengan kemampuan terbatas. Saat pesanan meningkat, mereka sering kali harus berurusan dengan penjualan dan penawaran online di Instagram. 

Instagram Badges

Seperti gift dari TikTok dan Twitch, Instagram memiliki hadiah untuk semua orang yang streaming di Instagram. Fitur ini baru dirilis pada 17 November 2021 dan tersedia untuk pengguna berusia 18+. Fitur badges ini berbentuk hati dan dapat dibeli oleh penonton kamu selama live streaming,

Monetisasi Video

Cara menghasilkan uang dari Instagram selanjutnya adalah dengan memonetisasi video yang kamu unggah ke Instagram. Kamu dapat melakukannya dengan mengaktifkan opsi monetisasi untuk iklan video in-stream (iklan video yang dijeda) di menu setelan.

Saat fitur diaktifkan, penonton akan menerima iklan saat menonton video kamu. Sementara itu, kamu mendapatkan 55% dari keuntungan yang dihasilkan per tampilan. Fitur ini mengharuskan video kamu berdurasi minimal 2-4 menit. 

 

Sekarang kamu sudah tahu beberapa cara mendapatkan uang dari Instagram tanpa modal. Ada beberapa pilihan, bukan? Dengan pilihan yang berbeda ini, kamu memiliki banyak pilihan tergantung pada minat dan keahlian. Selamat mencoba! 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again