1. DScovery

10 Daftar Orang Terkaya di Dunia 2023

Sesuai dengan judul artikelnya, kali ini kita akan fokus pada daftar orang terkaya di dunia dan review perusahaan yang membuat mereka sukses

Kekayaan orang terkaya di dunia begitu besar sehingga kita sering menggelengkan kepala. Namun pekerjaan dan bisnis apa yang mereka geluti hingga memiliki kekayaan triliunan rupiah?

Sesuai dengan judul artikelnya, kali ini kita akan fokus pada daftar orang terkaya di dunia dan review perusahaan yang membuat mereka sukses. Terlepas dari cerita hitam putih tentang bisnis mereka, orang-orang ini adalah pengubah permainan yang mengubah dunia, jadi mereka pantas menjadi inspirasi kita.

Melansir Forbes, Kamis (6/1), Elon Musk kini bertengger di pucuk daftar orang terkaya di dunia 2022. Diikuti oleh Bernard Arnault serta Jeff Bezos di urutan kedua dan ketiga. Setelah itu, nama siapa lagi yang sukses masuk kategori ini?

10. Mukesh Ambani

Pixabay

Anything and everything that can go digital is going digital. India cannot afford to be left behind.

Mukesh Ambani adalah seorang pengusaha miliarder India. Sumber kekayaannya berasal dari sebuah perusahaan bernama Reliance Industries Ltd. Menghasilkan omzet Rp 74 miliar. Kekayaannya saat ini bernilai US$90,7 miliar atau sekitar Rp 1.350 triliun.

Nama Perusahaan Reliance Industries Ltd. Ini beroperasi di sektor petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi dan ritel. Kontribusi Mukesh Ambani telah memainkan peran penting dalam perkembangan India menuju kehidupan yang lebih modern.

9. Steve Ballmer

Wikipedia

Great companies in the way they work, start with great leaders.

Orang terkaya ke-9 di dunia pada tahun 2022 adalah Steve Ballmer. Mantan CEO Microsoft, yang menghabiskan 14 tahun mendorong Microsoft menjadi bintang. Kekayaannya saat ini mencapai US$91,4 miliar atau sekitar Rp1.360 triliun. Selain karirnya di Microsoft, dia juga pemilik tim bola basket Los Angeles Clippers.

8. Larry Ellison

flickr

When people start telling you that you're crazy, you just might be on to the most important innovation in your life.

Orang terkaya kedelapan di dunia saat ini dipegang oleh Larry Ellison, salah satu pendiri dan presiden perusahaan teknologi komputer Amerika Oracle. Kekayaan bersih Larry Ellison saat ini US$106 miliar atau sekitar Rp 1,576 triliun. Selain Oracle, kekayaan Larry Ellison juga berasal dari 98% saham Ranal Island.

7. Sergey Brin

biography.com

Obviously everyone wants to be successful, but I want to be looked back on as being very innovative, very trusted and ethical and ultimately making a big difference in the world.

Seperti yang kamu tahu, Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Sergey Brin, yang ikut mendirikan dan mengembangkan Google bersama Larry Page, berada di belakang mesin pencari raksasa yang telah menyebar ke berbagai penjuru dunia. Kekayaan Sergey Brin ditaksir mencapai US$107 miliar atau sekitar Rp 1,591 triliun.

Brin adalah presiden perusahaan induk Google, Alphabet, sebelum akhirnya mengundurkan diri. Namun, dia tetap menjadi pemegang saham perusahaan.

6. Larry Page

Biography.com

You never lose a dream; it just incubates as a hobby.

Larry Page merupakan sahabat Sergey Brin yang juga mendirikan Google. Larry Page, pendiri raksasa mesin pencari global, memiliki kekayaan US$111 miliar atau sekitar Rp 1,651 triliun.

Larry Page juga mendirikan PageRank, algoritme peringkat pencarian Google, dan berinvestasi di startup mobil terbang Kitty Hawk dan Opener. Page juga memenangkanThe Marconi Prize bersama Sergey Brin atas jasa dan kontribusinya pada sektor telekomunikasi.

5. Warren Buffet

Harvard Business Review

Rational people don't risk what they have and need for what they don't have and don't need.

Warren Buffett, yang dikenal di media dunia sebagai "The Astrologer" dan "The Sage". Ketertarikannya dengan bisnis dan investasi sejak kecil ini membuatnya menjadi salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Kekayaan Buffett kini mencapai $118 miliar, atau sekitar Rs 1,755 triliun.

Buffett menjadi jutawan pada tahun 1962. Selain berinvestasi, Buffett juga menjalankan Berkshire Hataway, sebuah perusahaan multinasional yang mengawasi GEICO, Duracell, Dairy Queen, dan lainnya.

4. Bill Gates

Gates Foundation

Money has no utility to me beyond a certain point. Its utility is entirely in building an organization and getting the resources out to the poorest in the world.

Bill Gates menempati urutan keempat dalam daftar orang terkaya di dunia. Bill Gates, pendiri Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, telah masuk dalam daftar orang terkaya di dunia sejak 1987. Total kekayaan Bill Gates saat ini bernilai $129 miliar atau sekitar Rp 1,918 triliun.

Kekayaan Microsoft tidak lantas mengaburkan Bill Gates. Melalui badan amal yang ia dirikan, Bill & Melinda Gates Foundation, salah satu organisasi filantropi swasta terbesar di dunia, ia terlibat dalam pemberian dan kerja filantropi ke berbagai organisasi dan lembaga penelitian.

3. Bernard Arnault and Family

wikipedia

In business, I think the most important thing is to position yourself for long-term and not be too impatient, which I am by nature, and I have to control myself.

Ketiga dalam daftar orang terkaya di dunia adalah seorang pengusaha Perancis bernama Bernard Arnault. Sebagai orang terkaya di Perancis, Bernard Arnault pernah bekerja untuk berbagai brand fashion mewah seperti Christian Dior, Loewe, Marc Jacobs, Sephora, Dom Perignon dan Hennessy. Aset Bernard Arnault ditaksir mencapai US$158 miliar atau sekitar Rp2,354 triliun.

Bernard Arnault memulai awal yang luar biasa sebagai CEO sebuah perusahaan barang mewah. Dia adalah seorang insinyur keluarga dan pengembang real estat. Selain itu, Bernard Arnault memiliki ambisi dan pandangan jauh ke depan terkait merek-merek yang diakuisisinya, sehingga merek-merek tersebut dikenal banyak orang.

2. Jeff Bezos

CEO Amazon Jeff Bezos / Flickr - Dan Farber

I didn't think I'd regret trying and failing. And I suspected I would always be haunted by a decision to not try at all.

Di urutan kedua adalah Jeff Bezos, salah satu orang terkaya kedua di dunia. Jeff Bezos memulai bisnisnya dari sebuah garasi di Seattle sebelum menduduki posisinya saat ini. Kegigihan Jeff Bezos dalam mengembangkan bisnis e-commerce-nya telah menghasilkan kekayaan yang diperkirakan mencapai US$171 miliar atau sekitar Rp2,548 triliun.

Selain memiliki Amazon dan Washington Post, ia mendirikan layanan manufaktur kedirgantaraan dan menjadi astronot komersial. Bezos juga disebut sebagai "orang terkaya dalam sejarah modern".

1. Elon Musk

Unsplash

I operate on the physics approach to analysis. You boil things down to the first principles or fundamental truths in a particular area and then you reason up from there.

Elon Musk, orang terkaya di dunia ini berfokus pada pengembangan atau perolehan produk dan layanan teknologi tinggi yang menjanjikan seperti pengembangan SpaceX dan AI. Di Tesla, Elon Musk juga merupakan investor awal produk kendaraan listrik. Saat ini, kekayaan Elon Musk mencapai $219 miliar atau sekitar Rp 3.263 miliar.

Ide-ide cemerlang Elon Musk berkontribusi pada gagasan kemajuan budaya manusia. Musk mempresentasikan konsep pertama untuk SolarCity, penyedia sistem teknologi fotovoltaik, dan membantu mendirikan Neuralink, sebuah startup neuroteknologi.

Itulah daftar sepuluh orang terkaya tahun ini versi Forbes. Tentu tidak ada diantara nama tersebut sebagai seorang pemalas. Jika masih demikian, lihatlah kesungguhan mereka atas mimpi dan kemampuan mereka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again