Categories

Gadget

10moons D9i, Mini PC Dua Sistem Operasi Dengan Harga di Bawah US$ 100

Yoga Wisesa - 25 November 2014

Harga terjangkau dan rendahnya konsumsi daya setidaknya merupakan dua dari banyak hal yang seharusnya konsumen dapatkan berkat semakin murah serta canggihnya teknologi hardware. Kini price versus performance ialah faktor penilaian terpenting, dan Anda akan kaget setelah mengetahui fitur serta penawaran harga PC buatan produsen China ini.

Mungkin Anda jarang atau malah tidak pernah mendengar brand 10moons, namun produk terbaru mereka bisa jadi mengubah perspektif banyak kalangan terhadap perangkat PC. 10moons memperkenalkan D91, sebuah komputer mungil berbentuk mirip set-top-box TV dengan dua sistem operasi, ditawarkan di harga sangat ekonomis.

Asus pernah mencoba menyuguhkan ide tersebut melalui Transformer Book Duet TD300. Meskipun mendapatkan perhatian besar dari media, sayangnya Microsoft dan Google menerapkan ‘kebijakan’ yang melarang sertifikasi berkaitan dengan fitur dual platform. Asus terpaksa membatalkan TD300 serta menarik PC-PC All-in-One berfitur serupa dari pasar.

Uniknya, ada indikasi bahwa ternyata Intel-lah yang mendorong 10moons memasarkan D91. Selain logo 10moons di tubuh minimalis D9i, Anda bisa melihat logo Intel Inside di pojok kanan atas. Mini PC tersebut didistribusikan bersama platform standar Android 4.2.2 Jelly Bean, tetapi berdasarkan forum 10moons, Anda juga dapat mengunduh BIOS serta Windows 8.1. Instalasi membutuhkan flash drive minimal 4GB dan hard disk berformat NTFS.

10moons D9i 02

 

Info menarik: Ini Dia 5 Mini PC Dengan Fitur, Kemampuan dan Penampilan Unik

 

Spesifikasi hardware 10moons D9i juga cukup canggih untuk sebuah mini PC modern. Ia ditenagai system-on-chip Intel Atom ‘Bay Trail’ Z3735D berprosesor quad-core 1,3GHz dan GPU Intel HD Graphics. Di sana ada RAM sebesar 2GB, penyimpanan 16 eMMC ditambah slot micro SD, konektivitas Wi-Fi, USB 3.0 dan 2.0, serta HDMI.

Desainnya cukup apik serta sedikit mirip Now TV – tapi ujungnya lebih membulat, dengan body melengkung dan ukuran mungil, 112x112x28 milimeter. Melihat komposisi perangkat keras di atas, D9i mempunyai komponen sekelas tablet, tanpa layar, namun mampu mengoprasikan lebih dari satu OS. Secara teori, Anda juga bisa memasang platform Linux, meski terdapat masalah kompatibilitas dengan prosesor Intel Bay Trail.

Terlepas dari pertanyaan tak terjawab soal legalitas kopi Windows yang 10moons manfaatkan dan persetujuan Microsoft tentang Windows 8.1, D9i bisa menjadi pertanda bahwa mini PC berbasis Intel Atom akan segera menyerbu.

Harganya sendiri akan membuat Anda terkejut, satu unit 10moons D9i hanya dibanderol di kisaran US$ 81. Untuk sekarang, ia cuma dijual di China. Semoga saja di waktu ke depan D9i juga dipasarkan ke negara-negara Asia lain.

10moons D9i 03

Via Tech Radar & CNX-Software. Gambar: TMall.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id