MSME Tutorial

12 Ide Usaha Sampingan yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga

Beberapa ide usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga, sebagai inspirasi bagi ibu rumah tangga yang baru ingin memulai usaha.

Di samping mengurus kebutuhan rumah tangga sehari-hari, ibu rumah tangga dapat menambah kegiatannya dengan menjalankan usaha. Usaha sampingan dapat dijalankan ibu rumah tangga cukup dari rumah, tetapi bisa menambah pendapatan rumah tangga.

Saat ini, begitu banyak peluang usaha sampingan dengan modal kecil namun keuntungan besar bagi ibu rumah tangga. Peluang usaha itu sendiri bisa muncul dari hobi dan keterampilan yang dimiliki oleh ibu rumah tangga.

Ada pun beberapa ide usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga, berikut daftar beserta penjelasannya. Simak selengkapnya.

Daftar Ide Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga dapat menjalankan berbagai jenis usaha sampingan secara praktis dari rumah. Mulai dari usaha di bidang kuliner, fashion, kerajinan tangan, jasa dan lain sebagainya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Aneka Jenis Kue

Usaha menjual aneka jenis kue cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Kue yang dijual dapat berupa kue kering, kue tradisional, bolu, hingga kue-kue kekinian yang sedang ramai disukai pasar. Permintaan kue biasanya tinggi pada perayaan-perayaan khusus.

Di samping modalnya yang tidak besar, kue dapat dijual dengan menerapkan sistem pre-order guna menghindari risiko kerugian. Ibu rumah tangga dapat menyasar relasi seperti tetangga, orang tua teman anak di sekolah, hingga teman kantor suami sebagai target konsumen.

2. Katering Masakan Rumah

Selain kue, usaha katering juga cocok dijalankan oleh ibu rumah tangga. Katering itu dapat berupa masakan rumah yang disajikan dalam satu paket box, yang biasanya berisi nasi, lauk-pauk, sayur-mayur, buah, dessert dan air mineral.

Usaha kuliner satu ini menjanjikan keuntungan besar, sebab kebutuhan akan masakan rumah harian cukup tinggi, terutama bagi pekerja kantoran. Selain pekerja kantoran, katerin juga diperlukan pada acara tertentu seperti pengajian, lamaran, pernikahan, dan sebagainya.

3. Bumbu Siap Pakai

Di samping kebutuhan akan kue dan makanan siap saji, permintaan akan bumbu siap pakai juga cukup tinggi dan dapat menjadi peluang usaha yang potensial. Target pasarnya adalah orang yang suka memasak, namun tidak mempunyai banyak waktu di rumah.

Aneka jenis bumbu siap pakai yang dapat dijual oleh ibu rumah tangga, antara lain dapat seperti bumbu dasar putih (terbuat dari bawang merah, bawang putih, dan ketumbar), bumbu dasar kuning (bumbu putih ditambah kunyit), bumbu dasar merah (bumbu putih ditambah cabai).

4. Makanan Beku (Frozen Food)

Ide usaha berikutnya yakni berjualan frozen food atau makanan beku. Jenis makanan satu ini juga permintaannya cukup tinggi. Makanan beku biasanya dibutuhkan sebagai stok makanan praktis di rumah yang awet disimpan lama di kulkas.

Jenis makanan beku yang dapat dijual oleh ibu rumah tangga antara lain seperti naget, sosis, bakso, daging sapi dan ayam beku, ikan dan seafood, dimsum, kentang, otak-otak, tempura, spring rolls dan masih banyak lagi.

5. Reseller atau Dropshipper

Tak hanya membangun usaha sendiri, ibu rumah tangga juga dapat menjalankan usaha praktis dengan modal sedikit namun menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Misalnya seperti dengan menjadi reseller atau dropshipper dari produk yang diproduksi oleh orang lain.

Dengan menjadi reseller atau dropshipper, ibu rumah tangga cukup mempromosikan produk orang lain tersebut, tanpa memikirkan modal produksi. Ada pun produk yang dapat dijual kembali oleh ibu rumah tangga dapat berupa pakaian, skincare, makeup, camilan, dan lainnya.

6. Hampers

Beralih dari usaha di bidang kuliner, ibu rumah tangga juga dapat menjalankan usaha di bidang keterampilan tangan seperti hampers atau bingkisan. Permintaan akan hampers atau bingkisan biasanya tinggi saat perayaan besar seperti hari besar keagamaan. Selain itu, biasanya hampers atau bingkisan juga dibutuhkan untuk keperluan perayaan khusus seperti ulang tahun, pernikahan dan lainnya.

7. Toko Kelontong

Bisnis rumahan paling umum yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga yakni toko kelontong. Jika digeluti dengan serius, keuntungan memiliki toko kelontong sangat menjanjikan.

Toko kelontong sendiri merupakan toko yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari dengan beragam dan lengkap. Mulai dari sembako, peralatan mandi, pembersih pakaian, pembersih lantai, hingga peralatan rumah tangga seperti sapu dan lain sebagainya.

8. Pakaian Wanita

Ibu rumah tangga juga dapat menjalani usaha sampingan di bidang fashion dengan menjual pakaian wanita. Mulai dari daster, dress, tunik, kaos hingga hijab. Jika berniat menjalani usaha secara serius, dapat mendirikan brand dengan ciri khas dan karakter tersendiri.

Usaha satu ini dapat menyasar relasi terdekat sebagai permulaan untuk menjadi target pasarnya. Selain itu, ibu rumah tangga juga dapat memperluas pasarnya dengan berjualan secara online melalui media sosial dan e-commerce.

9. Laundry Pakaian Kiloan

Masih berkaitan dengan pakaian, usaha sampingan satu ini bergerak di bidang jasa. Usaha laundry kiloan memiliki permintaan pasar yang tinggi. Selain itu proses operasionalnya juga cukup mudah, serta keuntungan yang dijanjikannya besar.

Meski begitu, modal usahanya tidak begitu besar, dapat dengan memanfaatkan peralatan rumah tangga yang telah ada. Ibu rumah tangga setidaknya memerlukan ruang atau space kosong di rumah, mesin cuci dan perlatan setrika, yang mana biasanya sebagian telah dimiliki.

10. Jasa Jahit Pakaian

Usaha sampingan satu ini membutuhkan keahlian khusus. Bagi ibu rumah tangga yang telah memiliki keahlian menjahit dan memiliki mesin jahit, dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka jasa jahit pakaian.Usaha sampingan satu ini menjanjikan.

Pasalnya, saat ini permintaan pasar terhadap pakaian cukup tinggi. Jasa jahit dapat merancang pakaian khusus yang digunakan untuk acara tertentu seperti wisuda, kondangan, hingga pernikahan. Selain itu, dapat juga membantu memperbaiki pakaian yang kekecilan, kebesaran, robek dan lainnya.

11. Pulsa dan Token Listrik

Berikutnya, usaha sampingan yang cukup simpel dilakukan di rumah oleh ibu rumah tangga yakni menjual pulsa dan token listrik. Pulsa dan token listrik menjadi kebutuhan sehari-sehari masyarakat saat ini, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

12. Tanaman

Terakhir, usaha sampingan yang belakangan ramai tengah digemari oleh ibu rumah tangga yakni tanaman. Berawal dari hobi, jika sudah terampil merawat dan mengembak biakkan tanaman, ibu rumah tangga dapat menjual tanaman kepada pecinta tanaman.

Tanaman yang dijual dapat berupa tanaman hias, hingga tanaman yang memiliki khasiat dan kegunaan seperti tanaman herbal dan rempah-rempah. Bermodalkan halaman di depan atau belakang rumah, tanaman dapat dipasarkan secara langsung maupun melalui media sosial.

Demikian beberapa ide usaha sampingan yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi ibu rumah tangga yang baru ingin memulai usaha.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter