Categories

Mobile

1Writer, Bukan Sekedar Aplikasi Pembuat Catatan

Aditya Daniel - 8 November 2014

Bagi yang sedang mencari aplikasi untuk membuat sebuah catatan di iOS maka App Store sudah memberikan banyak sekali pilihan dan alternatif. Meski tujuannya sama, beberapa aplikasi yang dibuat meski dengan kaya fitur namun kadang memiliki UI yang kurang menyenangkan untuk digunakan.

Saya sendiri sudah membagikan beberapa aplikasi iOS pilihan untuk membuat catatan. Nah, di kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang 1Writer, aplikasi pembuat catatan yang dapat dikostumisasi serta memiliki banyak fitur untuk menambah kegunaannya.

Membuat catatan meski terlihat sepele namun cukup membantu, terutama untuk menyimpan suatu hal yang tak perlu diingat sepanjang waktu. 1Writer hadir dengan dukungan markdown syntaxyang mempermudah konversi teks menjadi HTML.

1Writer juga menghadirkan fitur pengamanan tambahan bagi catatan yang dibuat dengan passcode sehingga catatan yang bersifat rahasia dan personal tak mudah dibaca orang. Mengelompokkan catatan yang dibuat juga menjadi lebih mudah dengan adanya fitur tagging yang ada.

 

Info menarik: Bionic Bird, Burung ‘Robot’ Yang Bisa Anda Kendalikan Dari Smartphone

 

 

Kelebihan lain dari 1Writer adalah tersedianya skema url sehingga membuat catatan bisa dilakukan dengan Drafts ataupun Launch Center Pro tanpa perlu membuka aplikasinya terlebih dahulu.

 

 

1Writer juga menyediakan satu set toolbar tambahan di atas keyboard iOS untuk mempermudah peng-edit-an dari catatan yang dibuat. Lebih lagi, dukungan snippets dari aplikasi TextExpander pun juga ditambahkan oleh pengembang 1Writer dalam aplikasinya.

Sinkronisasi catatan yang dibuat melalui beberapa layanan cloud storage seperti Dropbox, Cloudapp hingga terintegrasi juga dengan Evernote lebih lagi mempermudah pengaksesan catatan di mana saja. Namun sayangnya 1Writer belum mendukung sinkronisasi melalui iCloud. Oh ya, jika Evernote dirasa terlalu rumit untuk membuat sebuah ceklist, mungkin saatnya anda beralih ke 1Writer. 1Writer mendukung pembuatan catatan dengan checkbox

Pengguna tak hanya bisa mengkostumisasi jenis font yang digunakan namun juga ukuran serta spacing yang dipakai. Seperti yang saya bilang, aplikasi ini tak sekedar untuk membuat catatan namun juga dapat menghasilkan file PDF yang kemudian dapat secara mudah dibagikan kepada rekan ataupun di-upload kembali ke Dropbox. S

Dengan semua fitur yang ditawarkan, tak salah jika 1Writer dibanderol dengan harga Rp. 35 ribu. Bagi yang ingin aplikasi pembuat catatan yang kaya fitur namun tetap mudah digunakan maka 1Writer jawabannya.

Aplikasi 1Writer bisa didapatkan di App Store atau lewat tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter