5 Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email
Kamu fresh graduate ingin mengirim lamaran kerja? Simak artikel berikut ini, yuk!
Teknologi yang semakin berkembang, membuat kehidupan menjadi lebih mudah dan praktis. Salah satunya dalam melamar pekerjaan. Sebelumnya, lamaran pekerjaan dibuat dengan tulis tangan dan dikirim melalui pos. Sekarang, kamu sudah bisa mengirimnya dengan cepat dan mudah hanya menggunakan email saja.
Nah, dalam membuat lamaran pekerjaan terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Berikut artikel cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email.
1. Pastikan Alamat Email Sudah Sesuai
Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam mengirim lamaran kerja adalah alamat email. Penggunaan alamat e-mail yang terkesan berlebihan tidak direkomendasikan. Mengingat, akan menjadi pertimbangan oleh HRD nantinya. Sebisa mungkin, usahakan alamat emailmu professional.
Contoh:
Bellacangtipbanget@gmail.com (tidak sesuai)
Bellanurlia21@gmail.com (sesuai)
2. Perhatikan Ukuran Dokumen
Selanjutnya, kamu harus memperhatikan ukuran dokumen yang akan dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Biasanya saat mengirim lamaran pekerjaan, pelamar akan melampirkan dokumen tambahan berisi CV dan portofolionya.
Nah, usahakan dokumen yang dikirimkan tidak lebih dari 2 MB, dokumen dengan ukuran kecil akan memudahkan rekruter untuk mengunduhnya. Namun, kalau ukuran dokumenmu masih terlalu besar, kamu bisa melakukan kompresi terlebih dahulu melalui website kompresi dokumen online.
3. Hindari Mengirim Dokumen dengan Format RAR
RAR merupakan salah satu format dokumen yang menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu dengan proses ekstrak menggunakan software WINRAR. Penggunaan dokumen dengan format RAR terasa tidak efektif, pasalnya rekruter harus mengekstrak dokumen terlebih dahulu untuk membukanya. Belum lagi, beberapa dokumen perlu dibuka satu persatu. Solusinya, kamu bisa mengatasinya dengan menggabungkan dokumenmu. Kamu bisa memanfaatkan situs penyedia fitur penggabung PDF.
4. Menulis Subjek
Jika kamu ingin mengirim lamaran pekerjaan, pastikan kamu mengisi subjek sebelum email dikirim. Jangan sampai subjek email kamu tidak diisi. Kamu bisa mengisinya seperti berikut:
Lamaran Content Writer - Yazid
5. Menulis Body Email
Kalau kamu ingin mengirim lamaran pekerjaan, umumnya body email diisi dengan surat lamaran pekerjaan. Body email berisi penjelasan singkat mengenai riwayat hidupmu. Contoh:
Yth. Personalia Daily Social
Melalui email ini, saya Muhammad Yazid bermaksud untuk melamar lowongan pekerjaan sebagai Content Writer Intern di Perusahaan Daily Social seperti yang dipublikasikan pada akun Twitter @dailysocial
Saat ini, saya memiliki latar belakang sebagai mahasiswa Program Studi Penerbitan. Saya banyak terlibat dalam dunia kepenulisan, konten dan jurnalis.
Dengan ini, saya yakin pengalaman dan kompetensi yang saya miliki bisa membawa banyak manfaat untuk mengisi posisi pada Writer. Berikut saya lampirkan riwayat hidup berisikan tautan portofolio saya.
Terima kasih atas waktunya, saya berharap dapat bergabung dan menjadi bagian dari Daily Social.
More Coverage:
Hormat Saya,
Muhammad Yazid
Nah, berikut artikel cara mengirim lamaran kerja lewat email. Jangan sampai ada yang terlewat ya, dalam mengirim lamaran pekerjaan. Semoga artikel di atas bermanfaat!
Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News
Sign up for our
newsletter