1. DScovery

Cara Melamar Kerja Lewat Email dan Tipsnya

Saat ini sangat umum praktik melamar kerja lewat emaiil. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengirim email.

Apakah kamu pernah melamar kerja lewat email? Saat ini, mencari pekerjaan semakin mudah karena kamu bisa memanfaatkan teknologi seperti email untuk membantumu. Dikarenakan efisiensinya, banyak orang sudah beralih dari mengirim lamaran secara konvesional, menjadi lewat email.

Namun, melamar kerja lewat email tidak bisa sembarangan. Apa saja yang perlu diperhatikan? Bagaimana membuat email lamaran yang baik? Simak artikel berikut ini, ya!

Mengapa Harus Melamar Pekerjaan melalui Email

Melamar pekerjaan melalui email telah menjadi semakin umum dalam beberapa tahun terakhir, dan ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa menjadi pilihan yang baik.

Kenyamanan

Email memungkinkan kamu melamar pekerjaan dari mana saja, kapan saja, sehingga membuat proses melamar menjadi lebih nyaman. Kamu juga bisa menyesuaikan waktunya sesuai kemampuanmu. Kamu tidak perlu lagi melakukan perjalanan yang panjang hanya untuk mengirim lamaran.

Kecepatan

Melamar melalui email bisa jauh lebih cepat daripada mengirim lamaran fisik atau melamar secara langsung, karena kamu bisa mengirim materi lamaran secara instan, dan tanpa halangan apapun. Kamu tidak perlu berjalan atau melakukan perjalanan ke perusahaan untuk mengirimkan surat lamaran, dan kamu juga akan langsung dikabarkan mengenai hasilnya.

Efisiensi

Melamar melalui email memungkinkan kamu untuk mengirimkan materi lamaran ke beberapa perusahaan potensial secara bersamaan, sehingga menghemat waktu dan tenaga. Kamu bisa mengalokasikan waktumu ke beberapa perusahaan sekaligus, tidak hanya satu perusahaan.

Fleksibilitas

Email memungkinkan kamu untuk menyesuaikan materi lamaran dengan lowongan pekerjaan tertentu dan menyesuaikan lamaranmu dengan kebutuhan spesifik setiap perusahaan. Jika kamu mengincar posisi tertentu, kamu bisa menyesuaikan emailmu agar lebih menonjolkan pengalamanmu di posisi tersebut.

Terorganisir

Ketika kamu melamar melalui email, kamu memiliki catatan yang jelas tentang lamaranmu dan dapat dengan mudah melacak kemajuan pencarian kerja. Biasanya, dalam jangka waktu beberapa hari, perusahaan akan segera mengabarimu apakah kamu lolos ke tahap berikutnya atau tidak. Kamu bisa melacak proses tersebut dengan hanya mengecek email saja.

Hemat biaya

Melamar pekerjaan melalui email menghilangkan kebutuhan untuk mencetak dan mengirimkan salinan fisik materi lamaran kamu, sehingga mengurangi biaya yang terkait dengan ongkos kirim dan kertas. Hal ini bisa sangat bermanfaat jika kamu melamar ke banyak posisi.

Memasukkan Lampiran Lain

Email memberikan fleksibilitas untuk memasukkan lampiran lain ke dalam lamaran, seperti melampirkan portofolio, tautan situs web, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu kamu memamerkan keahlian dan pencapaian dengan cara yang menarik.

Secara keseluruhan, melamar pekerjaan melalui email bisa menjadi cara yang efektif untuk menyederhanakan proses pencarian kerja dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Namun, penting untuk memastikan bahwa kamu mengikuti praktik terbaik untuk etiket email dan meluangkan waktu untuk menyesuaikan materi lamaran dengan hati-hati untuk setiap lowongan pekerjaan.

Isi Email Lamaran Kerja

Isi email untuk melamar pekerjaan biasanya mencakup elemen-elemen berikut:

  • Baris subjek yang jelas dan ringkas yang menentukan posisi yang kamu lamar.
  • Salam formal yang ditujukan kepada manajer perekrutan atau perekrut, seperti "Kepada Yth. [Nama]" atau "Halo [Nama],"
  • Perkenalan singkat tentang dirimu, termasuk nama dan posisi yang kamu lamar. Kamu juga dapat menyebutkan di mana kamu menemukan lowongan pekerjaan tersebut.
  • Satu atau dua paragraf yang menguraikan kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman yang relevan yang membuat kamu cocok untuk posisi tersebut.
  • Pernyataan yang menunjukkan ketersediaan kamu untuk wawancara dan cara kontak yang kamu inginkan. Kamu juga dapat menyarankan tanggal dan waktu untuk wawancara.
  • Penutup yang sopan yang mengungkapkan rasa terima kasih karena telah mempertimbangkan lamaranmu, diikuti dengan tanda tangan profesional, seperti "Hormat kami" atau "Salam hormat," dan nama.

More Coverage:

Jangan lupa untuk mengoreksi email dari kesalahan atau kesalahan ketik sebelum mengirimnya. Buatlah email yang ringkas dan relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Cara Melamar Pekerjaan melalui Email

Melamar pekerjaan melalui email adalah hal yang umum dilakukan saat ini. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diikuti:

  • Mulailah dengan alamat email profesional yang mencantumkan nama. Jika kamu tidak punya, buatlah yang baru.
  • Tuliskan subjek email yang jelas dan ringkas yang mencakup posisi yang kamu lamar. Misalnya, "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran."
  • Tujukan email kepada manajer perekrutan atau perekrut, jika memungkinkan. Gunakan bahasa formal dan sapa mereka dengan "Kepada Yth. [Nama]," atau "Halo [Nama],"
  • Pada paragraf pertama, perkenalkan diri dan sebutkan posisi yang kamu lamar.
  • Sebutkan di mana menemukan lowongan pekerjaan tersebut dan ungkapkan ketertarikan pada posisi tersebut.
  • Pada paragraf kedua, soroti kualifikasi dan pengalaman yang relevan. Gunakan poin-poin jika perlu untuk menonjolkan kualifikasimu.
  • Pada paragraf ketiga, nyatakan ketersediaan untuk wawancara dan sertakan informasi kontak. Berterima kasihlah kepada pemberi kerja karena telah mempertimbangkan lamaranmu.
  • Gunakan tanda tangan profesional seperti "Hormat kami" atau "Salam hormat" diikuti dengan nama lengkap.
  • Periksa kembali email apakah ada kesalahan atau kesalahan ketik sebelum menekan tombol kirim.
  • Ingatlah untuk membuat emailmh singkat dan langsung pada intinya. Gunakan nada profesional dan sesuaikan emailmu dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Nah, itu tadi tips yang perlu kamu ketahui sebelum mengirim lamaran kerja lewat email. Jangan lupa perhatikan langka-langkah tersebut ya sebelum mengirimkan emailmu. Semoga berhasil!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again