Categories

Mobile

5 Fitur Baru Paling Menarik dari MIUI 7

Glenn Kaonang - 20 August 2015

Tepat tanggal 19 Agustus 2015 kemarin, Xiaomi memperkenalkan sistem operasi terbarunya, MIUI 7. Seperti yang banyak dirumorkan, MIUI 7 ini mengambil Android 5.0 Lollipop sebagai dasar pengembangannya. Namun kabar terbaiknya, MIUI 7 sudah tersedia secara global.

Lalu apa saja yang baru dari MIUI 7? Berdasarkan penjelasan resminya di forum MIUI, ada banyak sekali fitur baru, bahkan beberapa dirancang spesifik untuk konsumen di negara tertentu saja. Dari semua itu, berikut saya telah merangkum 5 fitur baru paling menarik dari MIUI 7.

1. Desain baru

Sejak versi pertamanya, MIUI dikenal akan desainnya yang cantik. Dalam MIUI 7, terdapat 4 System UI baru yang bisa digunakan: Rosé, Pink Blush, Ocean Breeze, High Life. Masing-masing mempunyai tema warna sendiri, dan Anda juga bisa menyesuaikannya satu per satu. MIUI 7 juga menyediakan ukuran font XXL yang amat besar bagi pengguna yang membutuhkan.

Sepanjang kiprahnya, MIUI juga dikenal akan koleksi custom theme-nya yang sangat besar. Dalam MIUI 7, jumlah custom theme bisa terus mencuat berkat diperkenalkannya tool bernama MUSE. MUSE sejatinya memungkinkan para theme designer untuk berkarya tanpa harus melibatkan proses coding yang kompleks.

Info menarik: Dalam 12 Jam, Xiaomi Berhasil Menjual 800 Ribu Unit Smartphone RedMi Note 2

2. Performa lebih kencang, baterai lebih awet

Berdasarkan survei yang diadakan Xiaomi terkait fitur baru apa yang harus dibawa MIUI 7, rupanya jawaban terbanyak adalah performa yang lebih kencang dan baterai yang lebih tahan lama. Well, kedua permintaan tersebut berhasil dikabulkan oleh MIUI 7.

Secara keseluruhan MIUI 7 diklaim 30 persen lebih cepat dan responsif ketimbang versi sebelumnya. Prestasi ini berhasil dicapai berkat optimalisasi proses startup setiap aplikasi bawaannya, dimana sesaat setelah Anda tapicon suatu aplikasi, data beserta animasi akan diolah secara paralel dalam waktu yang bersamaan.

Soal baterai, MIUI 7 diyakini 10 - 25 persen lebih awet, atau bisa memberikan waktu penggunaan 3 jam lebih lama setiap harinya. Caranya adalah dengan membarengkan background process beberapa aplikasi sekaligus. Alhasil, prosesor perangkat pun punya waktu lebih panjang untuk berada dalam posisi idle.

3. Opsi penghemat data di semua aplikasi

Dalam menggarap MIUI 7, Xiaomi bekerja sama dengan Opera yang sudah sangat berpengalaman di bidang penghematan konsumsi data. Menariknya, fitur berjuluk Data Saver ini tidak cuma bekerja di aplikasi browser saja, tetapi juga hampir di semua aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet, termasuk halnya Instagram, LINE atau YouTube sekalipun. Hasilnya, kuota data yang dipakai bisa berkurang hingga sekitar 50 persen.

Buat yang penasaran bagaimana cara kerjanya, fitur ini akan melakukan kompresi pada gambar atau video yang tertera di suatu aplikasi. Pengguna juga bisa melihat berapa banyak data yang berhasil dihemat setiap harinya. Data Saver hanya akan tersedia di 9 negara saja mulai September mendatang; jangan khawatir, Indonesia termasuk.

Info menarik: Diproduksi di India, Xiaomi Redmi 2 Prime Lebih Menggigit

4. Child Mode

MIUI 7 kini mengemas fitur Child Mode sehingga para orang tua bisa lebih tenang ketika sang buah hati meminjam smartphone ayah atau ibunya. Dengan Child Mode, Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak Anda. Dengan demikian, anak Anda tidak mungkin lagi mengirim SMS iseng ke rekan kerja atau bos Anda tanpa disengaja.

5. Aktivasi mode Do Not Disturb otomatis

Terakhir, MIUI 7 kini bisa mengaktifkan mode Do Not Disturb secara otomatis ketika gelang Mi Band yang Anda kenakan mendeteksi bahwa Anda sudah tertidur lelap. Fitur ini memang terkesan amat sederhana, namun juga terdengar efektif mengingat Anda tak perlu lagi menjadwalkan atau mengaktifkan mode Do Not Disturb secara manual.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter