Categories

Gadget

5 VR Headset Pilihan yang Bisa Dibeli di Toko Online

Dari yang eksklusif seperti Gear VR, sampai yang berbasis Cardboard dan berwujud casing

Glenn Kaonang - 26 August 2016

Coba Anda lakukan pencarian dengan kata kunci "VR headset" di toko online, saya yakin pilihan yang muncul jumlahnya seabrek, mulai dari yang sangat murah dan sederhana sampai yang bersifat eksklusif seperti Samsung Gear VR.

Salah satu penyebabnya adalah inisiatif Cardboard yang diluncurkan Google yang memungkinkan semua orang untuk merakit VR headset-nya sendiri dengan berbekal komponen-komponen sederhana seperti kardus, lensa dan velcro.

Kendati demikian, di pasaran masih banyak beredar VR headset dari berbagai brand yang menawarkan fitur dan kenyamanan lebih baik ketimbang hasil rakitan sendiri. Berikut ini adalah 5 VR headset pilihan yang bisa Anda beli sekarang juga melalui toko online.

1. Samsung Gear VR

Jangan terkejut melihat headset yang satu ini nongol di setiap daftar VR headset terbaik. Kolaborasi antara Samsung dan Oculus ini memang cuma kompatibel dengan beberapa model ponsel Samsung saja, akan tetapi kualitasnya memang belum tersaingi, baik dari segi hardware maupun software.

Samsung memang baru-baru ini meluncurkan versi baru Gear VR yang kompatibel dengan Note 7. Namun bagi para pemilik Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge+, S7, S7 Edge dan Note 5; Gear VR generasi pertama ini masih merupakan aksesori yang wajib dibeli.

Beli: Lazada - Rp 1.187.000

2. Lenovo ANT VR

Lenovo ANT VR / Lenovo

Kesuksesan Gear VR memicu brandsmartphone lain untuk merancang VR headset-nya sendiri. Salah satunya adalah Lenovo dengan ANT VR. Meski harganya terjangkau, desain dan material yang digunakan cukup premium, dan sudut pandang lensa yang ditawarkan cukup lebar di angka 100 derajat.

Sebelum ini Lenovo membundel ANT VR bersama ponsel K4 Note, tapi ANT VR sejatinya juga kompatibel dengan semua ponsel Lenovo terbaru yang memiliki ukuran layar 5 - 6 inci berdasarkan observasi Android Central.

Beli: Lazada - Rp 250.000

3. VR-Park V3

VR-Park V3 / VR-Park

Basisnya Google Cardboard versi kedua, akan tetapi desainnya lebih mirip seperti Gear VR, lengkap dengan head strap sehingga pengguna tak perlu capai-capai menyangganya dengan tangan. Desainnya juga tergolong nyaman, dengan bantalan kulit breathable di belakang dan lekukan untuk mengakomodasi hidung.

Fitur lain adalah pelapis spon supaya sisi belakang ponsel tidak baret ketika diselipkan ke dalam headset, serta kenop untuk mengatur lensa. Headset ini kompatibel dengan ponsel berukuran 4,7 - 6 inci.

Beli: Lazada - Rp 177.000

4. Riem 3 VR

Riem 3 VR / Riem

Juga berbasis Google Cardboard, Riem 3 punya desain yang lebih futuristis ketimbang VR-Park. Menariknya, Riem telah menambahkan sebuah tombol kapasitif yang diyakini lebih responsif ketimbang model lama yang menggunakan magnetic switch.

Faktor kenyamanan turut diperhatikan, dimana pengguna berkacamata pun tetap bisa mengenakannya dengan nyaman. Sepasang lensanya juga bisa diatur sesuai ukuran layar smartphone, dengan batas maksimum sampai 6 inci.

Beli: Lazada - Rp 135.000

5. VR-Case 4.7

VR-Case 4.7 / VR-Case

Sangat unik dibanding yang lain, perangkat ini sebenarnya merupakan casing untuk iPhone 6 atau 6S. Sepasang lensanya berdiameter 33,5 mm tersembunyi di sisi belakang, dan bisa dibawa ke muka layar dengan satu sentuhan pada kenop.

Desain seperti ini memang tidak terlalu immersive mengingat sisi sampingnya terbuka, serta kurang nyaman digunakan dalam waktu lama, tapi tentunya sangat portable dan praktis ketika pengguna hanya sekadar ingin menonton video 360 derajat dari YouTube atau Facebook.

Beli: Lazada - Rp 191.000

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter