Categories

Game

7 Game Petualangan Side-Scrolling Terbaik di 2018

Walaupun mereka menggunakan basis dunia dua dimensi, masing-masing menghidangkan sensasi bermain berbeda.

Yoga Wisesa - 5 October 2018

Meski konten game terus bertambah kaya serta disuguhkan menggunakan teknologi grafis yang canggih, genre platforming dan side-scrolling tetap punya tempat istimewa di hati para gamer. Formula ini memulai perjalanannya di tahun 1970-an lewat perilisan permainan arcade berujudul Bomber oleh Sega, kemudian dipopulerkan oleh Super Mario Bros. Dan hingga saat ini, side-scrolling masih terus jadi favorit.

Di tahun ini saja, satu permainan side-scrolling masuk dalam daftar lima besar permainan terbaik. Kemudian belum lama, judul terbaru di seri Mega Man akhirnya dirilis. Dan meskipun game menyuguhkan karakter-karakter berbasis tiga dimensi, ia tetap mempertahankan tradisi platforming 2D. Lewat artikel ini, saya mencoba mengurutkan tujuh permainan side-scrolling anyar berkualitas yang sudah dapat Anda nikmati. Silakan disimak.

 

Mega Man 11

Windows, PS4, Xbox One, Switch

Mengusung gameplay tradisional, Mega Man 11 memang belum bisa dikatakan revolusioner dan Capcom terlihat bermain aman. Kabar baiknya, game kesebelas di seri yang dibintangi oleh sang Blue Bomber siap memuaskan para veteran sembari tetap membuka pintu selebar-lebarnya bagi pemula agar mereka tetap dapat menikmatinya. Perilisannya ialah salah satu cara Capcom memperingati ulang tahun seri Mega Men yang ke-30.

 

Unravel Two

Windows, PS4, Xbox One

Peluncuran Unravel Two mengejutkan banyak orang karena dilakukan tepat di hari pengumumannya. Ada dua hal yang menjadi kekuatan utama sekuel dari game racikan Coldwood Interactive itu: pesona Yarny, yaitu makhluk dengan tubuh dari buntalan benang; dan dukungan mode multiplayer yang memungkinkan dua pemain saling membantu dalam menyelesaikan teka-teki.

 

Wandersong

Windows, Mac, Switch

Wandersong mengisahkan seorang penyair dalam petualangannya menyelematkan dunia menggunakan lagu. Game ini memadukan konsep 2D platforming dan permainan ritme musik, khususnya ketika sang penyair berinteraksi dengan karakter lain. Developer-nya, Greg Lobanov, mendapatkan ide unik tersebut dari Kirby's Epic Yarn serta film-film kartun seperti Over the Garden Wall dan Steven Universe.

 

Hollow Knight

PS4, Xbox One, Switch

Versi console Hollow Knight mendarat lebih dari setahun setelah permainan tersedia di PC. Hollow Knight mengedepankan sensasi khas Metroidvania, dipadu satu twist menarik: uang yang Anda kumpulkan akan jatuh jika sang tokoh utama tewas. Untuk mengambilnya lagi, sang kesatria harus mengalahkan 'bayangannya'. Arahan desain tersebut membuat sejumlah gamer membanding-bandingkan Hollow Knight dengan Dark Souls.

 

Owlboy

PS4, Xbox One, Switch

Juga mendarat perdana di PC, Owlboy adalah permainan platformer yang menitikberatkan elemen cerita dan narasi, mempersilakan Anda menjelajah dunia di atas awan. Yang membuat game ini mendapatkan sorotan ialah durasi pengembangannya. Kabarnya, tim D-Pad Studios asal Norwegia membutuhkan waktu hampir 10 tahun untuk merampungkan proyek Owlboy.

 

Dead Cells

Windows, Mac, PS4, Xbox One, Switch

Dead Cells juga merupakan game Metroidvania dengan elemen ala Dark Souls. Dan bermaksud agar tiap sesi memberikan pengalaman bermain berbeda, tim developer Motion Twin turut mengintegrasikan elemen roguelike dan sistem procedurally generation. Level yang dimainkan tiap gamer selalu berbeda, dan akan berubah ketika karakter utamanya - mayat tawanan yang dikendalikan oleh sekumpulan sel - tewas.

 

Celeste

Windows, Mac, PS4, Xbox One, Switch

Bermain sebagai gadis bernama Madeline, Celeste menantang Anda untuk mendaki gunung dan mencapai puncak tertinggi. Namun hal itu tidak mudah dilakukan karena perjalanan Anda dihadang bermacam-macam rintangan mematikan. Keistimewaan dari Celeste terletak pada jalan cerita permainan yang tercampur secara natural dengan elemen gameplay, membuatnya jadi salah satu kandidat game terbaik di tahun ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter