1. Lifestyle

AdDuplex: 90% Perangkat Windows Phone 8 Dikuasai Nokia, Lumia 520 Mendominasi

Baru-baru ini AdDuplex merilis data statistik pangsa pasar Windows Phone untuk bulan November 2013, di mana di dalamnya memuat sejumlah informasi terkait pangsa pasar perangkat Windows Phone mulai versi 7 hingga 8, serta informasi pangsa pasar setiap model yang beroperasi dengan platform ini.

90% Perangkat Windows Phone 8 Dikuasai oleh Nokia

Satu-satunya vendor yang konsisten membawa platform Windows Phone adalah Nokia, tak heran jika perusahaan ini memegang 90% dari total perangkat yang beroperasi dengan sistem operasi Windows Phone 8. Angka ini naik 0,8% dibandingkan bulan lalu yang masih sebesar $89,2. Di posisi kedua diduduki oleh HTC dengan 7,0%, disusul Samsung dan Huawei masing-masing 1,8% dan 1,3%. Atau meningkat 3,1% jika dibandingkan bulan April dan Juli lalu yang berada di angka 86,9%.

Nokia Lumia Teruskan Dominasi

Meningkatnya penguasaan pasar oleh Nokia tak lepas dari besarnya animo konsumen terhadap perangkat Nokia Lumia 520, ditunjukkan dengan terus bergerak positif mendominasi sebagian besar pangsa pasar perangkat Windows Phone di sejumlah negara seperti Inggris, India dan Amerika Serikat.

Di Inggris, Nokia Lumia 520 menguasai 28,2% pangsa pasar perangkat Windows Phone, kemudian disusul oleh perangkat non Nokia sebesar 15,6% lalu Nokia 800 sebesar 11,6% dan menggenapi posisi lima besar ada HTC 8S dan Nokia Lumia 820 dengan persentase masing-masing 9,0% dan 7,6%.

Di dataran Asia, tepatnya di India, Nokia Lumia bahkan menguasai 43,4% pangsa pasar Windows Phone, dilanjutkan dengan posisi tiga besar masih didominasi oleh perangkat Nokia, sementara HTC justru tak menunjukkan taji sama sekali.

Pangsa pasar Nokia Lumia 520 di Amerika diwakilkan oleh Nokia Lumia 521 oleh T-Mobile US yang merupakan varian yang sama, dengan dominasi sebesar 22,8%. Di posisi kedua dibayangi oleh perangkat lainnya lalu Nokia Lumia 822 dengan 13,3% dan Nokia Lumia 920 dengan 12,1%. HTC berada di posisi keempat dengan 10,3%.

Jika ditotal dari seluruh pangsa pasar di seluruh dunia di luar pasar Amerika Serikat, AdDuplex mencatat bahwa Nokia Lumia 520 memegang posisi puncak dengan pangsa pasar sebesar 26,5% atau meningkat 3,3% dibandingkan data pada Oktober 2013 lalu sebesar $23,2%. Angka ini bisa mencapai 30% jika kita memasukkan pasar Amerika Serikat ke dalam hitungan.

Sumber berita Ubergizmo dan WPcentral

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again