20 August 2013

by Iqbal Farabi

AdDuplex: Nokia Kuasai 86,9% Pangsa Pasar Windows Phone 8

Sebelumnya kami sempat mengulas beberapa laporan dari AdDuplex mengenai pangsa pasar perangkat-perangkat berbasis sistem operasi Windows Phone. Secara umum, Nokia menunjukkan tren yang sangat positif dalam menguasai pangsa pasar Windows Phone berdasarkan laporan Ad Duplex pada April dan Juli lalu.

Pada laporan terbaru di bulan Agustus ini, Nokia menguasai 86,9% pangsa pasar Windows Phone 8. Pemain lain seperti HTC, Samsung, dan Huawei hanya memiliki sedikit pangsa pasar dengan masing-masing sebesar 9,8%, 2,1%, dan 1,2%. Sementara, Windows Phone 8 sendiri memiliki 65% pangsa pasar sistem operasi Windows Phone, 35% sisanya dimiliki oleh Windows Phone 7.

Jika didetilkan berdasarkan produk spesifik, Nokia Lumia 520 masih menjadi ponsel pintar berbasis Windows Phone terlaris dengan pangsa pasar sebesar 18%, meningkat dari 13,3% pada laporan April lalu. Empat posisi selanjutnya diisi oleh Lumia 920, Lumia 620, Lumia 710, dan Lumia 800.

Tentunya ini merupakan kabar baik bagi Nokia. Apalagi berdasarkan laporan terakhir dari Gartner, pangsa pasar Windows Phone sendiri kini sudah berhasil mengungguli pangsa pasar BlackBerry di ranah sistem operasi untuk ponsel pintar. Jika Windows Phone berhasil mempertahankan posisinya sebagai ekosistem ketiga, maka perangkat-perangkat keluaran Nokia lah yang menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang ingin mencari alternatif diluar Android dan iOS.