1. Startup

Aibilities Blink Control, Membantu Penderita Kelumpuhan Berkomunikasi

Sparxup 2012 akan hadir minggu depan. Selain konferensi teknologi yang membahas perkembangan baru industri teknologi di Indonesia, kompetisi Sparxup juga hadir sebagai ajang untuk mempromosikan karya-karya dari startup di Indonesia. 

Salah satu yang berkembang setelah Sparxup Award adalah pemenang Sparxup 2011 kategori Best Android Samsung Mobile Apps, Aibilities Blink Control. Ketika memenangkan Sparxup Award tahun lalu, aplikasi ini hanya memakai nama Android Base Blink Control. Kini, aplikasi buatan  ANDTechnology tersebut telah dirilis di Google Play dua bulan yang lalu dengan nama Aibilities Blink Control.

Aibilities Blink Control adalah aplikasi tablet berbasis Android yang memudahkan penderita kelumpuhan untuk berkomunikasi. Aplikasi ini menggunakan kamera depan tablet untuk mengenali kedipan mata dari pengguna. Pengguna menggunakan kedipan mata untuk menggerakkan kursor untuk memilih teks yang ingin dia komunikasikan. Kedipan mata kanan akan menggerakkan kursor ke kanan, sedangkan kedipan mata kiri akan menggerakkan mata ke kiri. Pengguna perlu mengedipkan kedua mata secara bersamaan untuk menginputkan teks yang telah dipilih. Aplikasi tersebut selanjutnya akan mengubah teks tersebut menjadi output suara.

Aplikasi Aibilities Blink Control berjalan pada platfrom Android 3.0 Honeycomb ke atas. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di halaman Google Play. Menurut Ridwan Djuhari, salah satu pengembang aplikasi ini, sejak dirilis dua bulan lalu, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 178 kali. Pengguna aplikasi ini yang kebanyakan dari luar negeri (contohnya dari Portugal, Kanada, Prancis, dan Polandia) juga memberi masukan kepada mereka tentang pengembangan aplikasi ini.

Ke depannya, ANDTechnology berencana untuk mengembangkan aplikasi ini agar tidak hanya bisa mendapatkan input berupa kedipan mata tetapi juga gerakan bola mata. Namun, Ridwan mengakui bahwa pengembangan ini tidak mudah. Karenanya, kalau fitur ini sudah diaplikasikan ada kemungkinan bahwa aplikasi ini akan menjadi aplikasi berbayar.

Selain pengembangan besar tersebut, dalam wawancara dengan e27, ANDTechnology juga mengungkapkan rencana lain pengembangan aplikasi ini. Aplikasi ini direncanakan akan mempunyai fitur lain seperti sebagai remote control untuk televisi atau AC serta adanya fitur SMS dengan kalimat yang sederhana. ANDTechnology berharap hingga akhir tahun pengguna aplikasi ini mencapai 1.000 orang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again