Categories

Mobile

Akhir 2016, WhatsApp Tinggalkan BlackBerry, Nokia dan OS Lain yang Sudah Uzur

Juga termasuk Android 2.1 dan 2.2, serta Windows Phone 7.1

Glenn Kaonang - 29 February 2016

Belum lama ini, WhatsApp merayakan ulang tahunnya yang ketujuh. Di usianya yang semakin dewasa tersebut, WhatsApp rupanya harus mengambil keputusan yang cukup besar, yakni ke mana mereka harus berfokus ke depannya.

WhatsApp menyadari bahwa mereka tidak selamanya bisa mendukung semua platform mobile yang ada. Pasti ada kalanya mereka harus move on, dan sepertinya mereka sudah menetapkan waktunya di akhir tahun ini. Jadi di penghujung tahun 2016 nanti, WhatsApp akan berhenti mengembangkan aplikasinya untuk platform berikut ini:

  • BlackBerry, termasuk BlackBerry 10
  • Nokia S40
  • Nokia Symbian S60
  • Android 2.1 dan Android 2.2
  • Windows Phone 7.1

Tentu saja ini bukan keputusan yang mudah. WhatsApp menjelaskan bahwa sistem-sistem operasi di atas perlahan mulai ditinggalkan oleh para pengguna. Tidak seperti ketika WhatsApp baru saja memulai kiprahnya di tahun 2009, dimana Nokia dan BlackBerry masih mendominasi 70 persen pasar smartphone.

Sistem-sistem operasi yang bakal ditinggalkan ini juga dinilai tidak punya kapasitas yang cukup untuk menyuguhkan semua fitur yang ditawarkan WhatsApp, apalagi mengingat WhatsApp bakal menghadirkan fitur panggilan video.

Namun yang cukup mengejutkan adalah bagaimana BlackBerry 10 juga akan ikut kena dampaknya. Well, penjelasannya sebenarnya cukup sederhana: BlackBerry sendiri tampaknya sudah mulai menyerah dan berpaling ke Android, seperti yang bisa kita lihat dari BlackBerry Priv.

Singkat cerita, pengguna smartphone dengan sistem operasi di atas disarankan untuk hijrah ke perangkat Android, Windows Phone maupun iPhone yang lebih baru apabila mereka masih ingin menggunakan WhatsApp. Waktunya masih panjang hingga akhir tahun 2016, jadi kita semua bisa bersiap mulai sekarang.

Sumber: WhatsApp Blog dan VentureBeat. Gambar header: WhatsApp via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter