1. Lifestyle

Akhirnya XCOM: Enemy Unknown Diluncurkan Untuk Perangkat Android

Sempat muncul rumor yang menyatakan bahwa XCOM mungkin tidak akan pernah hadir di Android. Kita hanya bisa menerka-nerka apakah hal tersebut juga merupakan bagian dari persaingan game eksklusif yang dilakukan Apple dan Google. Tapi untungnya hal tersebut tidak terjadi, XCOM: Enemy Unknown meluncur di Google Play tanggal 23 April lalu.

Untuk mengapresiasi XCOM, kita harus menelusuri sejarah pembuatannya. XCOM: Enemy Unknown merupakan remake dari satu judul permainan cult-classic yang dirilis 20 tahun lalu yang berjudul UFO: Enemy Unknown.

Game ini merupakan salah satu permainan dengan budget terbesar saat itu, XCOM yang diluncurkan untuk PC, Xbox 360 dan PlayStation 3 mendapatkan puluhan penghargaan di tahun 2012.

 

Info menarik: Kompetisi Game Eksklusif Apple dan Google Kian Memanas

 

Kesuksesannya terus berlanjut. Saat akhirnya XCOM mendarat di iOS dan menjadi salah satu permainan favorit di perangkat mobile dari Apple. Hal tersebut cukup unik mengingat XCOM ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi daripada permainan sekelasnya. Setahun berlalu, game ini hadir di Android dengan konten yang tidak berbeda dengan versi iOS-nya.

Berbeda dari versi platform besar, edisi awal XCOM Enemy Unknow berisi mode singeplayer saja. Untuk fitur multiplayer, developer Firaxis berencana akan menyajikannya dalam update di masa yang akan datang. Walaupun begitu, XCOM memiliki konten yang membuat permainan lain di platform mobile terlihat kecil dan remeh.

Dalam game ini Anda akan memimpin organisasi global untuk mengakhiri invasi alien di bumi, yaitu XCOM.

Permainan ini akan menawarkan banyak hal pada para penikmatnya: Anda akan ditantang mengelola markas bawah tanah raksasa, memimpin satu tim pasukan khusus untuk menyelamatkan penduduk yang sedang diculik makhluk asing atau sekedar menjalankan misi untuk memberantas mereka. Anda akan mengintrogasi alien, mempelajari dan mengotopsi mayat mereka, sembari memperkuat persenjataan dan pertahanan.

 

Info menarik: Garuda Nest Rescue Sudah Bisa Anda Unduh dari Google Play

 

XCOM disajikan dengan gameplay turn-based, baik saat Anda berada di dalam markas maupun ketika berada di medan tempur. Segala hal yang Anda temui bersifat dinamis, game ini menawarkan kejadian acak yang tidak bisa diprediksi, seperti alien yang tiba-tiba menyerang tiga tempat di bumi. Dan Anda harus menentukan mana yang paling genting, dan bersedia menanggung resikonya.

Organisasi XCOM didanai oleh berbagai negara dewan. Jika Anda gagal menyelamatkan satu negara dan keadaan semakin gawat di tempat itu, maka ia akan mundur secara permanen dari keanggotaan XCOM dan pemain tidak lagi mendapatkan bantuan finansial. Walaupun memang mekanisme permainan seperti ini cukup sulit, Enemy Unknown terbukti menjadi game yang adiktif.

Versi mobile memang tidak memiliki keleluasaan dan efek visual seperti versi console dan PC-nya, tapi varian Android ini tetap merupakan permain XCOM sejati. Enemy Unknown ditawarkan seharga US$ 10 di Google Play, varian iOS-nya pun juga telah turun harga.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again