Categories

Opini

AkuPlusKamu: Layanan Daily Deals dari AdaDiskon.com (Updated)

Wiku Baskoro - 17 March 2011

AdaDiskon meluncurkan layanan daily deals yang memberikan penawaran dari berbagai lokasi bisnis lokal berupa kupon potongan harga. AkuPlusKamu menyediakan voucher diskon dari berbagai penawaran seperti restoran, travel, elektronik, tempat spa, salon, klinik kecantikan teman hiburan dan berbagai penawaran lain.

Saya pikir, tinggal menunggu waktu bagi AdaDiskon memiliki layanan daily deals mereka sendiri, karena saat ini AdaDiskon merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai informasi tentang program promo dan diskon yang sedang diselenggarakan di berbagai lokasi di Indonesia, jadi secara logika mereka punya jaringan yang cukup luas dan informasi yang cukup lengkap tentang berbagai penawaran diskon.

AkuPlusKamu diluncurkan secara resmi tanggal 15 Maret kemarin, dari blog AdaDiskon dijelaskan bahwa bahwa AkuPlusKamu ini merupakan program e-commerce dari AdaDiskon yang diperuntukkan bagi komunitas mereka serta berbagai merchant yang telah menjadi partner mereka. Sebagai awal kemunculan mereka, AkuPlusKamu akan menyediakan satu penawaran kupon diskon selama beberapa hari, saat tulisan ini ditulis, penawaran yang ada adalah penawaran jenis makanan dengan potongan diskon sebesar 50%.

Hal yang menarik dari pengumuman rilis AkuPlusKamu bagi saya adalah jargon 'pure social-commerce' yang disematkan oleh AdaDiskon pada layanan mereka yang baru ini. Dijelaskan oleh AdaDiskon bahwa mereka akan memperbaiki dan memberikan inovasi pada elemen sosial yang terdapat pada layanan 'social buying' atau group buying atau groupon clone.

Tingkat persaingan memang sangat ketat, masing-masing layanan memberikan apa yang menurut mereka lebih dari layanan lain. AkuPlusKamu mengambil jalan mengedepankan unsur sosial, caranya pertama dengan menggunakan Facebook login sebagai satu-satunya cara untuk mendaftarkan diri menjadi anggota di AkuPlusKamu.

Cara kedua adalah dengan membuat sebuah program reward yang akan memberikan hadiah bagi mereka yang mampu mengajak teman-teman mereka untuk bergabung di AkuPlusKamu, pengguna yang paling banyak mengajak teman mereka sampai dengan tanggal 15 Mei 2011 akan mendapatkan berbagai hadiah, ada 5 hadiah untuk 5 pemenang (berdasarkan peringkat). AkuPlusKamu juga melengkapi 'lomba' ini dengan halaman khusus untuk menampilkan ranking member yang berisi daftar peringkat posisi siapa yang paling banyak memiliki teman yang bergabung di AkuPlusKamu.

Saya mencoba untuk login dengan akun Facebook, beberapa fasilitas yang nampaknya akan dioptimasi sebagai elemen sosial dari AkuPlusKamu adalah notifikasi dari relasi yang bisa kita dapatkan ketika mereka melakukan order, terdapat pula tombol yang memungkinan pengguna untuk melakukan undangan secara langsung ke semua relasi mereka.

Sebenarnya elemen sosial yang ingin diunggulkan dari layanan AkuPlusKamu, jika hanya seperti yang sekarang disediakan, bagi saya sendiri belum cukup. Layanan lain juga telah mencoba untuk menerapkan unsur sosial (group buying) dengan menerapkan program referral dengan iming-iming hadiah uang tunai. Artinya tidak ada yang benar-benar baru dan spesial dari fasilitas hadiah bagi mereka yang bisa mengundang untuk bergabung di AkuPlusKamu.

Strategi lain yang bisa ditempuh adalah dengan memaksimalkan komunitas yang telah terbentuk di layanan AdaDiskon, baik itu di situs mereka atau di akun jejaring sosial yang menjadi channel promosi, termasuk Twitter. Bagaimana AkuPlusKamu bisa mendapatkan dan mengelola komunitas AdaDiskon (saat tulisan ini ditulis, jumlah orang yang 'Like' AdaDiskon sebanyak 504.303 54.303 akun).

AdaDiskon sendiri merupakan salah satu startup yang cukup berprestasi dan memiliki anggota yang cukup besar, baik dari pengguna maupun partner (merchant), dan setidaknya mereka 3 kali menerima pengghargaan, Top 50 Asia Application 2010, Sparx Up Award 2010, Best Consumer Indigo Fellowship 2010. Jadi mari kita tunggu fasilitas atau elemen sosial apa yang akan ditambahkan pada layanan AkuPlusKamu.

Thanks Rajasa for the tip.

Update: Ada kesalahan jumlah untuk orang yang 'Like' AdaDiskon, harusnya sebanyak 54.303 akun, sudah diperbaiki.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter