1. Lifestyle

Alcatel OneTouch Watch, Smartwatch Perdana Alcatel dengan Kompatibilitas Android dan iOS

Selain Itali, Perancis juga sering menjadi kiblat fashion bagi negara-negara lain. Di bidang teknologi, semangat desain perusahaan-perusahaan Perancis rupanya masih terlihat, seperti yang ditunjukkan oleh Wiko Mobile pada awal bulan lalu.

Kini giliran Alcatel yang unjuk gigi. Dedengkot telepon seluler asal Perancis tersebut baru saja membuka pre-order untuk smartwatch perdananya, Alcatel OneTouch Watch.

Dipamerkan pertama kali pada ajang CES 2015 bulan Januari kemarin, Alcatel OneTouch Watch memiliki fisik tahan air dan tahan debu yang cukup sederhana, namun tidak seminimalis Wiko Watch. Di dalam case berdiameter 42 mm-nya telah tertanam layar sentuh dengan ukuran 1,22 inci dan resolusi 240x204.

Info menarik: Olio Model One, Smartwatch Berfisik Keren dengan Fokus pada Fungsionalitas

Jam tangan pintar ini menggunakan Bluetooth 4.0 untuk menyambung ke perangkat mobile, dan di dalamnya telah tertanam bermacam sensor: heart-rate monitor, accelerometer, gyroscope, altimeter, e-compass dan NFC tag.

Selain memonitor aktivitas dan kualitas tidur penggunanya, Alcatel OneTouch Watch juga bisa dimanfaatkan sebagai multimedia remote control; mengatur jalannya musik, menjadi shutter kamera smartphone sekaligus mengaktifkan fitur semacam find my phone.

Tidak diketahui sistem operasi apa yang dijalankan – kemungkinan racikan Alcatel sendiri – tapi yang pasti smartwatch ini tak hanya kompatibel dengan lini smartphone OneTouch milik Alcatel saja, namun juga bisa meneruskan notifikasi dari perangkat apapun yang menjalankan sistem operasi Android 4.3+ atau iOS 7+.

Info menarik: Hannspree Sports Watch Buktikan Bahwa Smartwatch Tak Harus Mahal

Alcatel OneTouch Watch ditenagai oleh baterai berdaya 210mAh, yang diyakini bisa beroperasi selama 2 sampai 5 hari. Yang menarik, charging dapat dilakukan via colokan USB 2.0 yang tersembunyi di ujung strap-nya, tanpa bantuan adaptor khusus seperti mayoritas smartwatch lain.

Harga pre-order yang ditawarkan di situs AS-nya adalah $150 (± Rp 1,95 juta). Sayangnya masih belum ada informasi mengenai kapan Alcatel akan membawa smartwatch-nya ini ke tanah air.

Sumber: Alcatel dan TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again